Kumpulan soal Matematika kelas 6 SD- dari bank soal untuk menghadapi Ujian Nasional
Ditulis oleh dahlanforum di/pada Juni 12, 2009
Kerjakanlah soal-soal berikut
1. 9 × 123 = 9 × (100 + 20 + …)
= (9 × 100) + (9 × …) + (9 × …)
= … + … + …
= ….
2. 87 × 4 = (80 + …) × 4
= (80 × 4) + ( … × 4 )
= … + …
= ….
3. 6 × 56 = 6 × (60 – …)
= (6 × …) – (6 × …)
= … – …
= ….
4. 5 × 78 = 5 × ( … – 2)
= (5 × …) – (5 × …)
= … × …
= ….
5. (4 × 9) + (4 × 1)
= 4 × ( … + …)
= 4 × …
= ….
6. (32 × 2) + (18 × 2)
= (32 + …) × 2
= … × 2
= ….
7. (12 × 3) + (43 × 3) + (45 × 3)
= (12 + … + 45) × 3
= … × 3
= ….
8. (5 × 87) – (5 × 6) + (5 × 9)
= 5 × ( … – 6 + 9)
= 5 × …
= ….
-
Tentukanlah FPB dari bilangan berikut .
1. 24 dan 32 5. 36 dan 40 9. 27, 45, dan 81
2. 24 dan 36 6. 42 dan 48 10. 18, 32, dan 36
3. 27 dan 81 7. 27 dan 45 11. 30, 35, dan 40
4. 30 dan 40 8. 72 dan 80 12. 50, 60, dan 70
-
1. Ibu memiliki 28 kue keju dan 40 kue donat. Kue-kue tersebut akan dimasukkan ke dalam kotak-kotak. Jika setiap kotak memuat jumlah kue keju dan kue donat dalam jumlah yang sama, berapa banyak kotak yang diperlukan ?
2. Ibu Siska akan membagikan 27 kemeja dan 45 celana pendek kepada anak-anak yang membutuhkan. Setiap anak memperoleh jumlah kemeja dan celana pendek dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak anak yang memperoleh kemeja dan celana pendek tersebut?
b. Berapa banyak kemeja dan celana pendek yang diperoleh setiap anak?
3. Seorang pedagang memiliki 42 permen rasa cokelat, 48 permen rasa jeruk, dan
60 permen rasa mangga. Ia menginginkan setiap stoples memuat ketiga jenis permen tersebut dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak stoples yang harus disediakan?
b. Berapa banyak permen rasa cokelat, rasa jeruk, dan rasa mangga dalam setiap stoplesnya?
-
Tentukanlah KPK dari bilangan-bilangan berikut.
1. 10 dan 12 5. 25 dan 45 9. 18, 32, dan 36
2. 15 dan 20 6. 32 dan 48 10. 9, 18, dan 54
3. 16 dan 24 7. 60 dan 80 11. 25, 45, dan 70
4. 18 dan 30 8. 45 dan 50 12. 50, 60, dan 70
-
Kerjakanlah soal-soal cerita berikut .
1. Lampu A menyala setiap 6 detik sekali, sedangkan lampu B setiap 8 detik sekali. Setiap berapa detik kedua lampu tersebut akan menyala secara bersamaan?
2. Frida berenang setiap 10 hari sekali. Tomi berenang setiap 15 hari sekali. Tanggal 5 Maret 2008 mereka berenang bersama untuk pertama kali. Kapan mereka akan berenang bersama untuk kedua kalinya dan ketiga kalinya?
3. Pak Made mendapat tugas ronda setiap 6 hari sekali, sedangkan Pak Janu setiap 8 hari sekali. Adapun Pak Tono setiap 12 hari sekali. Tanggal 1 Juni 2008 mereka bertiga tugas ronda bersama untuk kali pertama. Kapan mereka akan tugas ronda secara bersama untuk ketiga kalinya?
4. Tuliskan 3 bilangan kubik antara 100 dan 500.
5. Sebuah kotak obat berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 10 cm. Berapa sentimeter kubik (cm3) volume kotak obat tersebut?
6. Jika 312 = 961, berapakah kuadrat dari 310?
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Diketahui volume sebuah kubus 343 cm3. Berapa sentimeter panjang rusuk kubus tersebut?
2. Sebuah bak mandi yang berbentuk kubus memiliki volume 1.000 dm3. Berapa desimeter panjang rusuk bagian dalam bak mandi tersebut?
3. Sebuah tempat minuman berbentuk kubus memiliki volume 729 cm3. Tentukan panjang rusuk tempat minuman tersebut.
-
Isilah titik-titik berikut .
1. 43 – 32 = … 3. 53 × 52 = … 5. 93 : 33 = …
2. 63 : 23 = … 4. 73 + 43 = … 6. 23 × (53 + 33) = …
-
Isilah titik-titik berikut.
1. 6 + (–1) = (–1) + 6 = …
2. 7 + (2 + 6) = (7 + 2) + 6 = … + … = …
3. Sifat komutatif tidak berlaku pada … dan ….
4. –2 × (5– 2) = …
5. 5 × 99 = 5 × (100 – 1) = (5 × 100) – (5 × …) = …
6. 43 = … × … × … = …
7. (–2)3 = … × … × … = …
8. Bilangan kubik antara 20 dan 30 adalah ….
12. FPB dari 15 dan 20 adalah ….
13. FPB dari 30, 35, dan 50 adalah ….
14. KPK dari 7 dan 8 adalah ….
15. KPK dari 15, 30, dan 45 adalah ….
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Tuliskan sifat-sifat yang berlaku pada penjumlahan bilangan bulat. Kemudian, berikan contohnya.
2. Panjang rusuk sebuah kubus adalah 11 cm. Tentukan volume kubus tersebut.
3. Volume tempat hiasan yang berbentuk kubus adalah 1.331 cm3. Tentukan panjang rusuk tempat hiasan tersebut.
4. Ibu Ira memiliki 20 mangga, 25 jeruk, dan 35 rambutan. Ia akan memasukkan buah-buahan tersebut ke dalam kantong-kantong plastik. Ia menginginkan setiap kantong plastik memuat ketiga jenis buah-buahan tersebut dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak kantong plastik yang harus disediakan?
b. Berapa banyak mangga, jeruk, dan rambutan dalam setiap kantong plastik tersebut?
5. Ahmad lebih tua beberapa tahun dari Dodi. Usia Ahmad sekarang 12 tahun. FPB dari usia mereka berdua adalah 4. KPK dari usia mereka adalah 60. Berapa tahunkah usia Ahmad sekarang?
6. Petugas siskamling di 3 pos ronda P, Q, dan R memukul kentongan secara bersamaan pada pukul 24.00. Selanjutnya, petugas pos ronda P memukul kentongan setiap 20 menit, petugas pos ronda Q setiap 30 menit, dan petugas pos ronda R setiap 45 menit. Pukul berapa mereka memukul kentongan secara bersamaan untuk kedua kalinya?
-
Salin dan kerjakanlah soal-soal berikut.
1. 3 km3 = … hm3 6. 2.000 cm3 = … dm3
2. 5 dam3 = … m3 7. 6.000 dm3 = … m3
3. 7 m3 = … dm3 8. 12.000 m3 = … dam3
4. 4 m3 = … cm3 9. 2.000.000 m3 = … dam3
5. 9 dm3 = … mm3 10. 3.000.000 m3 = … hm3
-
Salin dan kerjakan soal-soal berikut.
1. 200 l = … dm3 6. 4 cm3 = … ml
2. 10 l = … ml 7. 4 m3 = … ml
3. 5 l = … dm3 8. 6 dm3 = … ml
4. 4.000 ml = … l 9. 2.000 l = … dm3 = … m3
5. 2.500 ml = … dm3 10. 15.000 ml = … l = … dm3
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Sebuah akuarium memiliki panjang 40 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 15 cm. Jika akuarium tersebut terisi penuh air, berapa liter volume airnya?
2. Setiap hari, Andi minum air putih sebanyak 3 liter. Berapa mililiter air yang diminum Andi selama 1 minggu?
3. Paman membeli 2 botol air mineral. Dalam setiap kemasan air mineral tersebut tertulis 1.500 ml. Berapa liter air mineral yang dibeli paman?
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. 3 m3/detik = … l/detik 6. 10 l/menit = … l/detik = … ml/detik
2. 7 m3/detik = … l/detik 7. 600 l/jam = … l/menit = …ml/menit
3. 4 m3/detik = … ml/detik 8. 2.500 l/detik + 7 m3/detik = … m3/detik
4. 3.000 L/detik = … m3/detik 9. 60 l/detik + 9 m3/detik = … l/detik
5. 8.000 L/detik = … m3/detik 10. 12 l/menit + 240 ml/menit = … ml/detik
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Air hujan yang turun pada tanggal 7 November 2007 memiliki curah (debit) 200 m3/detik. Berapa l/detik debit air hujan tersebut?
2. Sebuah ember diisi dengan air dari sebuah keran yang memiliki debit 12 l/menit. Setelah 3 menit ember tersebut terisi penuh air. Berapa l/detik debit air yang mengalir dari keran tersebut? Berapa volume air dalam ember yang terisi penuh tersebut?
3. Sebuah akuarium yang berbentuk balok memiliki ukuran panjang 1 m, lebar 50 cm, dan tinggi 40 cm. Akuarium tersebut akan diisi air menggunakan selang yang debitnya 100 ml/detik. Berapa lama proses pengisian air dalam akuarium tersebut sampai penuh?
4. Sebuah mobil tangki mengangkut 5.000 liter minyak tanah. Seluruh minyak tanah tersebut akan dialirkan ke dalam drumdrum.
Jika dalam waktu 25 menit semua minyak tanah telah dialirkan, berapa l/detik debitnya?
-
Isilah titik-titik berikut.
1. 2 cm3 = … mm3
2. Volume kubus dengan panjang rusuk 2 cm adalah ….
3. 6 m3 = … dm3
4. 8.500 dm3 = … m3
5. 5 liter = … dm3
6. 2 l + 2.000 cm3 = … ml
7. 12.000 ml = … dm3
8. 3.500 l = … dm3 = … m3
9. Arti dari 9 l/detik adalah ….
10. 3.000 l/detik = … m3/detik
11. 4 m3/detik = … l/detik
12. 6.000 l/detik + 2 m3/detik = … l/detik
13. 2.400 mldetik = … l/detik
14. 10 l/menit = … l/detik
15. 7.500 l/menit – 2 m3/menit = … l/menit
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Dalam sebuah kotak terdapat 24 botol air mineral. Setiap botol air mineral memiliki volume 1.000 ml. Berapa liter volume air mineral seluruhnya?
2. Sebuah akuarium yang berbentuk kotak memiliki ukuran panjang 30 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 30 cm. Jika ke dalam akuarium tersebut diisi air sampai penuh, berapa liter volume air dalam akuarium tersebut?
3. Sebuah pancuran air memiliki debit air 400 ml/detik. Berapa l/detik debit pancuran air tersebut?
4. Sebuah bak mandi yang berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 1 meter. Ke dalam bak mandi tersebut dialirkan air dari sebuah keran dengan debit 10 l/menit. Berapa lama bak tersebut terisi penuh air?
5. Sebuah kolam akan diisi air menggunakan 2 pipa. Besarnya debit air pada pipa pertama adalah 1 l/detik dan pipa kedua debitnya 0,8 l/detik. Berapa liter volume air yang tertampung dalam kolam tersebut setelah 15 menit?
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Hitunglah luas persegi yang panjang sisinya sebagai berikut.
a. 8 cm
b. 10 cm
c. 12 cm
2. Hitunglah luas persegipanjang dengan ukuran panjang dan lebar sebagai berikut.
a. panjang = 12 cm dan lebar = 5 cm
b. panjang = 10 cm dan lebar = 8 cm
c. panjang = 15 cm dan lebar = 12 cm
3. Hitunglah luas segitiga yang memiliki alas dan tinggi sebagai berikut.
a. alas = 8 cm dan tinggi = 6 cm c. alas = 14 cm dan tinggi = 15 cm
b. alas = 13 cm dan tinggi = 8 cm d. alas = 20 cm dan tinggi = 18 cm
4. Hitunglah luas jajargenjang dengan alas dan tinggi sebagai berikut.
a. alas = 11 cm dan tinggi = 7 cm
b. alas = 15 cm dan tinggi = 9 cm
-
Kerjakanlah soal-soal berikut .
1. Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki diameter berikut ini.
a. d = 7 cm c. d = 8 m e. d = 20 cm
b. d = 21 cm d. d = 10 m f. d = 30 cm
2. Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki jari-jari berikut ini.
a. r = 4 cm c. r = 8 m e. r = 14 dm
b. r = 5 cm d. r = 10 m f. r = 20 dm
-
Kerjakanlah soal-soal berikut .
1. Hitunglah luas lingkaran jika diketahui diameter atau jari-jarinya sebagai berikut.
a. d = 14 cm c. d = 8 cm e. d = 14 cm
b. d = 28 cm d. d = 10 cm f. d = 20 cm
2. Sebuah taman yang berbentuk lingkaran memiliki diameter 11 m. Tentukanlah luas taman tersebut.
5. Sebuah lingkaran memiliki luas 616 m2. Hitunglah:
a. panjang jari-jari lingkaran tersebut; dan
b. keliling lingkaran tersebut.
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Hitunglah volume tabung yang memiliki jari-jari alas dan tinggi berikut ini.
a. r = 2 m, t = 7 cm d. r = 3 m, t = 5 cm
b. r = 4 cm, t = 20 cm e. r = 3,5 cm, t = 1,2 cm
c. r = 6 cm, t = 28 cm f. r = 7 cm, t = 2,5 cm
2. Sebuah gelas yang berbentuk tabung memiliki diameter 7 cm dan tinggi 9 cm.
Hitunglah volume gelas tersebut.
-
Isilah titik-titik berikut.
1. Luas segitiga dengan panjang alas 10 cm dan tinggi 4 cm adalah ….
2. Luas persegi panjang adalah 48 cm2. Jika panjangnya 12 cm, lebar persegi panjang adalah ….
3. Alas sebuah balok memiliki panjang 10 cm dan lebar 7 cm. Volume balok tersebut sama dengan volume tabung yang berjari-jari 7 cm dan tinggi 10 cm.
Berapa cm tinggi balok tersebut?
4. Volume kaleng susu cair yang berbentuk tabung adalah 365 cm3. Jika jari-jari kaleng tersebut 3,5 cm, berapa cm tinggi kaleng susu tersebut?
5. Sebuah tabung memiliki volume 1.100 cm3. Jika tinggi tabung tersebut 14 cm, berapa cm jari-jari alasnya?
7. Luas lingkaran yang berjari-jari 7 cm adalah ….
8. Luas lingkaran yang berdiameter 10 cm adalah ….
10. Luas alas sebuah prisma 20 cm2. Jika tinggi prisma ini 7 cm, volumenya adalah ….
12. Volume sebuah prisma adalah 70 cm3. Jika luas alasnya 14 cm2, tinggi prisma adalah ….
13. Volume sebuah tabung yang mempunyai jari-jari alas 9 cm dan tinggi 14 cm adalah ….
14. Volume sebuah tabung yang berdiameter 5 cm dan tinggi 10 cm adalah ….
2. Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan jari-jari 18 m. Santi berlari mengelilingi lapangan tersebut sebanyak dua kali putaran. Berapa meter jarak yang telah ditempuh Santi?
5. Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 5 cm dan tinggi 12 cm. Hitunglah:
a. luas alas tabung; dan
b. volume tabung.
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Berikut ini nilai ulangan Bahasa Indonesia dari 20 orang siswa adalah sebagai berikut.
6, 6, 7, 8, 9, 6, 7, 7, 7, 8
6, 8, 8, 9, 5, 7, 7, 8, 9, 6
Sajikanlah data tersebut dalam bentuk tabel.
2. Berikut ini data tinggi badan 20 orang siswa (dalam cm).
125, 130, 128, 128, 127, 132, 133, 135, 132, 129,
132, 133, 127, 128, 132, 136, 130, 131, 129, 132.
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel.
b. Berapa orang siswa yang tinggi badannya 135 cm?
c. Berapa cm siswa yang paling tinggi? Ada berapa siswa?
-
Isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat.
1. 4 × (–3 + 2) = …
2. 6 × (100 – 2) = …
3. FPB dari 12, 20, dan 24 adalah ….
4. KPK dari 8, 16, dan 32 adalah ….
5. 23 + 53 – 43 = …
7. 6 l = … ml = … cm3
8. 2.000 cm3 = … ml
9. 3 m3/detik = … l/detik
10. 1.500 ml/detik = … l/detik
11. Luas segitiga dengan alas 11 cm dan tinggi 6 cm adalah … cm2.
13. Luas lingkaran yang berdiameter 12 cm adalah … cm2.
14. Luas lingkaran yang berjari-jari 14 cm adalah … cm2.
15. Rumus volume prisma adalah ….
16. Volume prisma dengan luas alas 8 cm2 dan tinggi 15 cm adalah … cm3.
17. Volume tabung dengan jari-jari alas 7 cm dan tinggi 18 cm adalah … cm3.
18. Siswa yang menyukai sepak bola ada … orang.
19. Siswa yang menyukai bola voli ada … orang.
20. Siswa yang menyukai senam ada … orang.
21. Pak Ketut mempunyai 16 mangga, 20 jeruk, dan 24 apel. Buah-buahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Ia menginginkan jumlah mangga, jeruk, dan apel dalam setiap kantongnya sama banyak. Berapa kantong plastik yang dibutuhkan?
22. Sebuah penampung air yang berbentuk kubus mempunyai volume 1 m3. Berapa desimeter panjang rusuk penampung air itu?
23. Sebuah bak akan diisi air menggunakan sebuah keran. Jika debit air pada keran 2 L/menit, berapa volume air yang tertampung setelah 5 menit?
25. Nilai ulangan Matematika 20 orang siswa Kelas VI adalah sebagai berikut.
6, 6, 6, 7, 5, 8, 8, 8, 9, 6
7, 7, 7, 6, 6, 8, 8, 9, 9, 7
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel.
b. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa?
ubahlah bentuk persen berikut menjadi bentuk desimal .
1. 10% = …. 6. 32% = …. 11. 123% = ….
2. 30% = …. 7. 46% = …. 12. 256% = ….
3. 40% = …. 8. 89% = …. 13. 471% = ….
4. 50% = …. 9. 57% = …. 14. 369% = ….
5. 70% = …. 10. 91% = …. 15. 654% = ….
-
Kerjakanlah soal berikut .
1. Perbandingan berat badan Dino dan Iman adalah 4 : 5. Jika selisih berat badan mereka adalah 10 kg, berapakah berat badan Dino?
2. Perbandingan tabungan ayah dan paman adalah 3 : 7. Jika jumlah tabungan mereka adalah Rp2.500.000,00, berapakah tabungan ayah?
3. Luas kebun Pak Umar dan luas kebun Pak Indra adalah 72 m2. Jika perbandingan luas kebun Pak Umar dan luas kebun Pak Indra adalah 7 : 5, berapakah luas kebun Pak Umar?
4. Perbandingan banyaknya anak perempuan dan banyaknya anak laki-laki di Kelas VI adalah 2 : 3. Jika selisih keduanya adalah 5, berapakah banyak anak perempuan dan anak laki-laki di Kelas VI?
-
Kerjakanlah soal berikut .
1. Setelah 7 hari Hasan bekerja, ia memperoleh upah Rp210.000,00. Berapakah upah Hasan setelah 9 hari bekerja?
2. Dalam 2 jam Wita mampu mengetik 8 lembar naskah. Berapa lembar naskah yang dapat diselesaikan Wita setelah 5 jam?
3. Doni mampu menghabiskan 3 kue dalam waktu 2 menit. Berapa banyak kue yang dapat Doni makan dalam waktu 6 menit?
4. Dalam 4 kotak ada 16 kaleng susu. Berapa kaleng susu yang ada pada 9 kotak?
-
Kerjakanlah soal berikut .
1. Jarak kota Lhokseumawe ke Langsa pada peta berskala 1 : 2.475.000 adalah 5,3 cm. Berapakah jarak kedua kota tersebut sebenarnya?
2. Jarak dua kota adalah 14 km. Jika Edo ingin menggambarkannya dalam peta dengan skala 1 : 4.000.000, berapakah jarak dua kota tersebut dalam peta?
3. Jarak kota Samarinda ke kota Pontianak adalah 258 km. Jika jarak pada peta adalah 4,3 cm, berapakah skala yang digunakan peta tersebut?
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Perbandingan volume mangkuk dan gelas adalah 15 : 8. Jika volume gelas 200 ml, berapakah volume mangkuk?
2. Selisih banyaknya karyawan di kantor A dan kantor B adalah 54. Jika perbandingan banyaknya karyawan di kantor A dan kantor B adalah 4 : 7, berapakah jumlah karyawan di kantor A dan kantor B?
4. Bentuk desimal dari 333% adalah ….
5. Jarak kota Wonosobo ke Purbalingga pada sebuah peta berskala 1 : 1.500.000 adalah 4 cm. Berapakah jarak kedua kota tersebut sebenarnya?
7. 75% dari 260 adalah ….
-
Kerjakan soal-soal berikut .
1. a. Tentukanlah letak koordinat titik A(0, 0), B(4, 0), C(4, 2), dan D(0, 2) pada bidang koordinat kartesius.
b. Hubungkan garis dari titik A, B, C, sampai D. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun ABCD tersebut.
2. a. Gambarlah titik P(–5, 1), Q(–2, 1), dan R(–2, 6) pada bidang koordinat kartesius.
b. Hubungkan garis dari titik P, Q, sampai R. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun PQR.
3. Diketahui koordinat titik L(1, –2), M(5, –2), dan N(2, –4). Jika kita ingin membentuk jajargenjang LMNO, tentukan koordinat titik O.
4. Persegipanjang EFGH memiliki luas daerah 10 satuan luas. Jika koordinat titik E(1, 1) dan F(3, 1), di manakah koordinat G dan H?
5. Bangun TUVW adalah layang-layang dengan koordinat titik T 2, –7), U(3, –4), dan V (2, –2).
a. Tentukanlah koordinat titik W.
b. Tentukanlah luas daerah layang-layang TUVW.
8. 0,73 + 2,001 = ….
9. 3,02 : 0,02 = ….
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. a. Tentukan letak koordinat titik P(4, 4), Q(7, 4), R(7, –2), dan S(4, –2) pada bidang koordinat Kartesius.
b. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukanlah panjang setiap sisinya, kemudian hitunglah keliling dan luasnya.
2. a. Gambarlah titik E(–2, 1), F(3, 0), dan G(–2, –3) pada bidang koordinat Kartesius.
b. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukanlah luas bangun tersebut.
3. Diketahui koordinat titik A(8, 2) dan B(4, 5). Jika kamu ingin membentuk segitiga siku-siku ABC, tentukanlah olehmu koordinat titik C.
4. Koordinat titik A(–2, –1), B(1, 1), C(–2, 4), dan D(–3, 2) membentuk segiempat ABCD. Hitunglah luas bangun ABCD.
5. Koordinat titik K(2, 1), titik L(1, –2), dan titik N(7, 1) membentuk jajargenjang KLMN. Tentukanlah koordinat titik M dan luas jajargenjang KLMN.
-
Kerjakanlah soal-soal berikut .
1. Diketahui data tinggi badan (dalam cm) dari 20 orang siswa adalah sebagai berikut.
127, 126, 125, 129, 128, 127, 127, 130, 128, 131
128, 128, 129, 130, 130, 131, 129, 127, 128, 129
Sajikan data-data tersebut dalam bentuk tabel.
2. Diketahui data berat badan (dalam kg) dari 30 orang siswa adalah sebagai berikut.
27, 32, 33, 34, 32, 30, 27, 30, 32, 31
32, 32, 34, 34, 35, 30, 30, 29, 32, 31
35, 33, 31, 30, 29, 28, 30, 31, 32, 33
Sajikan data-data tersebut dalam bentuk tabel.
3. Berikut ini data nilai ulangan Bahasa Indonesia dari 40 siswa.
nilai 5 sebanyak 2 orang;
nilai 7 sebanyak 10 orang;
nilai 8 sebanyak 12 orang;
nilai 9 sebanyak 4 orang.
-
Sajikan data tersebut dengan diagram gambar yang kerjakanlah.
1. Tentukan rata-rata dan modus dari data berikut.
a. 4, 5, 5, 6, 7 c. 100, 200, 150, 200, 200
b. 8, 8, 9, 7, 7, 8, 6, 8
2. Nilai ulangan IPA dari 25 siswa Kelas 6 adalah
7, 6, 5, 5, 7, 8, 7, 8, 7, 9, 5, 7, 6,
5, 9, 8, 5, 6, 7, 8, 9, 6, 5, 7, 4
a. Tentukan nilai rata-ratanya.
b. Tentukan modusnya.
3. Berikut ini adalah data hasil penjualan seorang pedagang buah selama satu minggu.
Senin = 20 kg Jumat = 25 kg
Selasa = 25 kg Sabtu = 45 kg
Rabu = 30 kg Minggu = 60 kg
Kamis = 40 kg
a. Berapa kilogram rata-rata penjualan per harinya?
b. Berapakah modusnya?
4. Diketahui data ulangan Bahasa Indonesia dari 20 siswa Kelas VI sebagai berikut.
6, 6, 7, 7, 7, 6, 8, 8, 9, 7
7, 8, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 8, 7
a. Urutkanlah data tersebut mulai dari yang terkecil.
b. Buatlah tabel dari data tersebut.
c. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa? Ada berapa orang?
d. Nilai berapakah yang tertinggi?
e. Nilai berapakah yang terendah?
5. Dari 30 keluarga yang dimintai keterangan, diperoleh jumlah anak setiap keluarga tersebut sebagai berikut.
1, 2, 2, 2, 1, 3, 2, 1, 2, 3, 2, 2, 1, 1, 1,
2, 2, 3, 4, 2, 3, 2, 3, 2, 2, 2, 1, 1, 2, 1
a. Urutkan data tersebut mulai dari yang terkecil.
b. Buatlah tabel dari data tersebut.
c. Berapa keluarga yang memiliki anak 2 orang?
d. Berapa keluarga yang memiliki anak lebih dari 2 orang?
e. Berapa anak paling banyak yang dimiliki keluarga di daerah tersebut? Ada berapa keluarga?
4. Bentuk pecahan biasa dari 0, 25 adalah ….
6. Pecahan desimal untuk 35% adalah ….
7. Diketahui skala pada peta adalah 1 : 1.000.000. Jika jarak dua kata pada peta adalah 1,5 cm, jarak dua kota tersebut sebenarnya adalah ….
8. Selisih umur kakek dan ibu 20 tahun. Perbandingan umur kakek dan ibu adalah 5 : 3.
Umur kakek adalah … tahun.
12. 27,5% × 10 = …
13. Diketahui segitiga ABC memiliki koordinat A(–3, 1), B(–1, 1), dan C(–2, 2). Luas segitiga ABC adalah … satuan luas.
14. Koordinat titik A adalah ….
15. Koordinat titik C adalah ….
16. Luas segiempat ABCD adalah ….
21. Harga 5 buah mangga adalah Rp8.500,00. Berapa harga 10 buah mangga?
22. Setiap orang yang berbelanja ke toko seharga Rp50.000,00 akan mendapat
potongan harga sebesar 5%. Ani membeli perlengkapan sekolah ke toko itu seharga
Rp100.000,00. Berapa rupiah uang yang harus dibayarkan Ani tersebut?
23. Sebuah kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 16 m dan lebar 10 m.
Gambarlah denah kebun tersebut dengan skala 1 : 400.
24. Gambarlah pada bidang koordinat Kartesius titik A(–2, 1), B(3, –1), dan C(3, 1).
a. Bangun apa yang terbentuk jika ketiga titik dihubungkan?
b. Berapa luas daerah bangun tersebut?
25. Data nilai ulangan IPA dari 20 siswa Kelas VI adalah sebagai berikut.
7, 6, 7, 8, 8, 9, 6, 6, 7, 8
5, 6, 7, 7, 7, 8, 7, 8, 7, 6
a. Urutkanlah data tersebut mulai dari yang terkecil.
b. Tentukanlah nilai rata-rata dan modusnya.
c. Gambarkanlah data tersebut pada diagram batang dan diagram lingkaran.
d. Berapa persen siswa yang mendapat nilai 7 dari seluruh siswa?
-
Isilah titik-titik berikut.
1. –2 × (4 + 3) = …
2. 6 × (–5 – 1) = …
3. FPB dari 12, 20, dan 40 adalah ….
4. KPK dari 5, 6, dan 15 adalah ….
5. (–2)3 = (–2) × (–2) × (–2) = …
12. Luas lingkaran yang memiliki jari-jari 6 cm adalah ….
13. Volume prisma dengan luas alas 14 cm2 dan tinggi 6 cm adalah ….
14. Nilai rata-rata dari data 4, 6, 7, 8, 8 adalah ….
15. Modus dari data 8, 8, 7, 6, 6, 8, 8, 9, 5, 5 adalah ….
16. 25% dari 40 adalah ….
17. 2,5 × 1,14 = …
20. 2,25 × 40% = …
21. Segiempat ABCD memiliki koordinat A(0, 0), B(2, 0), C(4, 2), dan D(2, 2). Luas bangun ABCD tersebut adalah … satuan luas.
22. Diagram gambar dinamakan juga ….
23. Banyak siswa yang memperoleh nilai 5 adalah … siswa.
24. Persentase banyaknya siswa yang nilainya 7 adalah …%.
25. Persentase banyaknya siswa yang nilainya lebih kecil dari 6 adalah …%.
-
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Sebuah dus berbentuk kubus memiliki volume 8.000 cm3. Tentukan panjang rusuk dus tersebut.
2. Pak Kodir memiliki 20 jeruk, 24 manggis, dan 28 rambutan. Buah-buahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Setiap kantong plastik memuat jeruk, mangga, dan rambutan dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak kantong plastik yang diperlukan?
b. Berapa banyak jeruk, manggis, dan rambutan dalam setiap kantongnya.
3. Sebuah keran air memiliki debit 0,5 L/menit. Berapa liter air yang tertampung dalam bak setelah 5 menit jika keran tersebut dialirkan?
6. Sebuah kebun berbentuk persegipanjang dengan ukuran panjang 1.250 m dan lebar 750 m. Gambarkan denah kebun tersebut dengan skala 1 : 25.000.
7. Untuk membuat 12 setel baju seragam sekolah, seorang penjahit memerlukan 30 meter kain. Berapa meter kain untuk menjahit 100 setel baju seragam sekolah?
8. Adi memiliki tabungan sebesar Rp200.000,00. Kemudian, sebanyak 40% ia gunakan untuk membeli peralatan sekolah. Berapa rupiah sisa uang tabungan Adi sekarang?
9. Gambarlah pada bidang koordinat Kartesius titik-titik berikut.
A(–3, 0), B(3, 0), C(3, 4), D(0, 4), dan E(–3, 2).
Kemudian, hitunglah luas daerahnya.
10. Diketahui data ulangan Matematika dari 20 siswa Kelas VI sebagai berikut.
6, 7, 7, 8, 8, 7, 7, 9, 9, 6
6, 7, 7, 8, 7, 8, 9, 6, 6, 8
a. Tentukan rata-rata dan modus dari titik tersebut.
b. Gambarkanlah diagram gambarnya.
c. Gambarkanlah diagram batangnya.
d. Gambarkanlah diagram lingkarannya.
1. 9 × 123 = 9 × (100 + 20 + …)
= (9 × 100) + (9 × …) + (9 × …)
= … + … + …
= ….
2. 87 × 4 = (80 + …) × 4
= (80 × 4) + ( … × 4 )
= … + …
= ….
3. 6 × 56 = 6 × (60 – …)
= (6 × …) – (6 × …)
= … – …
= ….
4. 5 × 78 = 5 × ( … – 2)
= (5 × …) – (5 × …)
= … × …
= ….
5. (4 × 9) + (4 × 1)
= 4 × ( … + …)
= 4 × …
= ….
6. (32 × 2) + (18 × 2)
= (32 + …) × 2
= … × 2
= ….
7. (12 × 3) + (43 × 3) + (45 × 3)
= (12 + … + 45) × 3
= … × 3
= ….
8. (5 × 87) – (5 × 6) + (5 × 9)
= 5 × ( … – 6 + 9)
= 5 × …
= ….
Tentukanlah FPB dari bilangan berikut .
1. 24 dan 32 5. 36 dan 40 9. 27, 45, dan 81
2. 24 dan 36 6. 42 dan 48 10. 18, 32, dan 36
3. 27 dan 81 7. 27 dan 45 11. 30, 35, dan 40
4. 30 dan 40 8. 72 dan 80 12. 50, 60, dan 70
1. Ibu memiliki 28 kue keju dan 40 kue donat. Kue-kue tersebut akan dimasukkan ke dalam kotak-kotak. Jika setiap kotak memuat jumlah kue keju dan kue donat dalam jumlah yang sama, berapa banyak kotak yang diperlukan ?
2. Ibu Siska akan membagikan 27 kemeja dan 45 celana pendek kepada anak-anak yang membutuhkan. Setiap anak memperoleh jumlah kemeja dan celana pendek dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak anak yang memperoleh kemeja dan celana pendek tersebut?
b. Berapa banyak kemeja dan celana pendek yang diperoleh setiap anak?
3. Seorang pedagang memiliki 42 permen rasa cokelat, 48 permen rasa jeruk, dan
60 permen rasa mangga. Ia menginginkan setiap stoples memuat ketiga jenis permen tersebut dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak stoples yang harus disediakan?
b. Berapa banyak permen rasa cokelat, rasa jeruk, dan rasa mangga dalam setiap stoplesnya?
Tentukanlah KPK dari bilangan-bilangan berikut.
1. 10 dan 12 5. 25 dan 45 9. 18, 32, dan 36
2. 15 dan 20 6. 32 dan 48 10. 9, 18, dan 54
3. 16 dan 24 7. 60 dan 80 11. 25, 45, dan 70
4. 18 dan 30 8. 45 dan 50 12. 50, 60, dan 70
Kerjakanlah soal-soal cerita berikut .
1. Lampu A menyala setiap 6 detik sekali, sedangkan lampu B setiap 8 detik sekali. Setiap berapa detik kedua lampu tersebut akan menyala secara bersamaan?
2. Frida berenang setiap 10 hari sekali. Tomi berenang setiap 15 hari sekali. Tanggal 5 Maret 2008 mereka berenang bersama untuk pertama kali. Kapan mereka akan berenang bersama untuk kedua kalinya dan ketiga kalinya?
3. Pak Made mendapat tugas ronda setiap 6 hari sekali, sedangkan Pak Janu setiap 8 hari sekali. Adapun Pak Tono setiap 12 hari sekali. Tanggal 1 Juni 2008 mereka bertiga tugas ronda bersama untuk kali pertama. Kapan mereka akan tugas ronda secara bersama untuk ketiga kalinya?
1. Tuliskan 3 bilangan kubik antara 100 dan 500.
3. Sebuah kotak obat berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 10 cm. Berapa sentimeter kubik (cm3) volume kotak obat tersebut?
4. Jika 312 = 961, berapakah kuadrat dari 310?
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Diketahui volume sebuah kubus 343 cm3. Berapa sentimeter panjang rusuk kubus tersebut?
2. Sebuah bak mandi yang berbentuk kubus memiliki volume 1.000 dm3. Berapa desimeter panjang rusuk bagian dalam bak mandi tersebut?
3. Sebuah tempat minuman berbentuk kubus memiliki volume 729 cm3. Tentukan panjang rusuk tempat minuman tersebut.
Isilah titik-titik berikut .
1. 43 – 32 = … 3. 53 × 52 = … 5. 93 : 33 = …
2. 63 : 23 = … 4. 73 + 43 = … 6. 23 × (53 + 33) = …
Isilah titik-titik berikut.
1. 6 + (–1) = (–1) + 6 = …
2. 7 + (2 + 6) = (7 + 2) + 6 = … + … = …
3. Sifat komutatif tidak berlaku pada … dan ….
4. –2 × (5– 2) = …
5. 5 × 99 = 5 × (100 – 1) = (5 × 100) – (5 × …) = …
6. 43 = … × … × … = …
7. (–2)3 = … × … × … = …
8. Bilangan kubik antara 20 dan 30 adalah ….
12. FPB dari 15 dan 20 adalah ….
13. FPB dari 30, 35, dan 50 adalah ….
14. KPK dari 7 dan 8 adalah ….
15. KPK dari 15, 30, dan 45 adalah ….
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Tuliskan sifat-sifat yang berlaku pada penjumlahan bilangan bulat. Kemudian, berikan contohnya.
2. Panjang rusuk sebuah kubus adalah 11 cm. Tentukan volume kubus tersebut.
3. Volume tempat hiasan yang berbentuk kubus adalah 1.331 cm3. Tentukan panjang rusuk tempat hiasan tersebut.
4. Ibu Ira memiliki 20 mangga, 25 jeruk, dan 35 rambutan. Ia akan memasukkan buah-buahan tersebut ke dalam kantong-kantong plastik. Ia menginginkan setiap kantong plastik memuat ketiga jenis buah-buahan tersebut dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak kantong plastik yang harus disediakan?
b. Berapa banyak mangga, jeruk, dan rambutan dalam setiap kantong plastik tersebut?
5. Ahmad lebih tua beberapa tahun dari Dodi. Usia Ahmad sekarang 12 tahun. FPB dari usia mereka berdua adalah 4. KPK dari usia mereka adalah 60. Berapa tahunkah usia Ahmad sekarang?
6. Petugas siskamling di 3 pos ronda P, Q, dan R memukul kentongan secara bersamaan pada pukul 24.00. Selanjutnya, petugas pos ronda P memukul kentongan setiap 20 menit, petugas pos ronda Q setiap 30 menit, dan petugas pos ronda R setiap 45 menit. Pukul berapa mereka memukul kentongan secara bersamaan untuk kedua kalinya?
Salin dan kerjakanlah soal-soal berikut.
1. 3 km3 = … hm3 6. 2.000 cm3 = … dm3
2. 5 dam3 = … m3 7. 6.000 dm3 = … m3
3. 7 m3 = … dm3 8. 12.000 m3 = … dam3
4. 4 m3 = … cm3 9. 2.000.000 m3 = … dam3
5. 9 dm3 = … mm3 10. 3.000.000 m3 = … hm3
Salin dan kerjakan soal-soal berikut.
1. 200 l = … dm3 6. 4 cm3 = … ml
2. 10 l = … ml 7. 4 m3 = … ml
3. 5 l = … dm3 8. 6 dm3 = … ml
4. 4.000 ml = … l 9. 2.000 l = … dm3 = … m3
5. 2.500 ml = … dm3 10. 15.000 ml = … l = … dm3
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Sebuah akuarium memiliki panjang 40 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 15 cm. Jika akuarium tersebut terisi penuh air, berapa liter volume airnya?
2. Setiap hari, Andi minum air putih sebanyak 3 liter. Berapa mililiter air yang diminum Andi selama 1 minggu?
3. Paman membeli 2 botol air mineral. Dalam setiap kemasan air mineral tersebut tertulis 1.500 ml. Berapa liter air mineral yang dibeli paman?
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. 3 m3/detik = … l/detik 6. 10 l/menit = … l/detik = … ml/detik
2. 7 m3/detik = … l/detik 7. 600 l/jam = … l/menit = …ml/menit
3. 4 m3/detik = … ml/detik 8. 2.500 l/detik + 7 m3/detik = … m3/detik
4. 3.000 L/detik = … m3/detik 9. 60 l/detik + 9 m3/detik = … l/detik
5. 8.000 L/detik = … m3/detik 10. 12 l/menit + 240 ml/menit = … ml/detik
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Air hujan yang turun pada tanggal 7 November 2007 memiliki curah (debit) 200 m3/detik. Berapa l/detik debit air hujan tersebut?
2. Sebuah ember diisi dengan air dari sebuah keran yang memiliki debit 12 l/menit. Setelah 3 menit ember tersebut terisi penuh air. Berapa l/detik debit air yang mengalir dari keran tersebut? Berapa volume air dalam ember yang terisi penuh tersebut?
3. Sebuah akuarium yang berbentuk balok memiliki ukuran panjang 1 m, lebar 50 cm, dan tinggi 40 cm. Akuarium tersebut akan diisi air menggunakan selang yang debitnya 100 ml/detik. Berapa lama proses pengisian air dalam akuarium tersebut sampai penuh?
4. Sebuah mobil tangki mengangkut 5.000 liter minyak tanah. Seluruh minyak tanah tersebut akan dialirkan ke dalam drumdrum.
Jika dalam waktu 25 menit semua minyak tanah telah dialirkan, berapa l/detik debitnya?
Isilah titik-titik berikut.
1. 2 cm3 = … mm3
2. Volume kubus dengan panjang rusuk 2 cm adalah ….
3. 6 m3 = … dm3
4. 8.500 dm3 = … m3
5. 5 liter = … dm3
6. 2 l + 2.000 cm3 = … ml
7. 12.000 ml = … dm3
8. 3.500 l = … dm3 = … m3
9. Arti dari 9 l/detik adalah ….
10. 3.000 l/detik = … m3/detik
11. 4 m3/detik = … l/detik
12. 6.000 l/detik + 2 m3/detik = … l/detik
13. 2.400 mldetik = … l/detik
14. 10 l/menit = … l/detik
15. 7.500 l/menit – 2 m3/menit = … l/menit
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Dalam sebuah kotak terdapat 24 botol air mineral. Setiap botol air mineral memiliki volume 1.000 ml. Berapa liter volume air mineral seluruhnya?
2. Sebuah akuarium yang berbentuk kotak memiliki ukuran panjang 30 cm, lebar 25 cm, dan tinggi 30 cm. Jika ke dalam akuarium tersebut diisi air sampai penuh, berapa liter volume air dalam akuarium tersebut?
3. Sebuah pancuran air memiliki debit air 400 ml/detik. Berapa l/detik debit pancuran air tersebut?
4. Sebuah bak mandi yang berbentuk kubus memiliki panjang rusuk 1 meter. Ke dalam bak mandi tersebut dialirkan air dari sebuah keran dengan debit 10 l/menit. Berapa lama bak tersebut terisi penuh air?
5. Sebuah kolam akan diisi air menggunakan 2 pipa. Besarnya debit air pada pipa pertama adalah 1 l/detik dan pipa kedua debitnya 0,8 l/detik. Berapa liter volume air yang tertampung dalam kolam tersebut setelah 15 menit?
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Hitunglah luas persegi yang panjang sisinya sebagai berikut.
a. 8 cm
b. 10 cm
c. 12 cm
2. Hitunglah luas persegipanjang dengan ukuran panjang dan lebar sebagai berikut.
a. panjang = 12 cm dan lebar = 5 cm
b. panjang = 10 cm dan lebar = 8 cm
c. panjang = 15 cm dan lebar = 12 cm
3. Hitunglah luas segitiga yang memiliki alas dan tinggi sebagai berikut.
a. alas = 8 cm dan tinggi = 6 cm c. alas = 14 cm dan tinggi = 15 cm
b. alas = 13 cm dan tinggi = 8 cm d. alas = 20 cm dan tinggi = 18 cm
4. Hitunglah luas jajargenjang dengan alas dan tinggi sebagai berikut.
a. alas = 11 cm dan tinggi = 7 cm
b. alas = 15 cm dan tinggi = 9 cm
kerjakanlah soal-soal berikut .
1. Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki diameter berikut ini.
a. d = 7 cm c. d = 8 m e. d = 20 cm
b. d = 21 cm d. d = 10 m f. d = 30 cm
2. Hitunglah keliling lingkaran yang memiliki jari-jari berikut ini.
a. r = 4 cm c. r = 8 m e. r = 14 dm
b. r = 5 cm d. r = 10 m f. r = 20 dm
Kerjakanlah soal-soal berikut .
1. Hitunglah luas lingkaran jika diketahui diameter atau jari-jarinya sebagai berikut.
a. d = 14 cm c. d = 8 cm e. d = 14 cm
b. d = 28 cm d. d = 10 cm f. d = 20 cm
2. Sebuah taman yang berbentuk lingkaran memiliki diameter 11 m. Tentukanlah luas taman tersebut.
5. Sebuah lingkaran memiliki luas 616 m2. Hitunglah:
a. panjang jari-jari lingkaran tersebut; dan
b. keliling lingkaran tersebut.
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Hitunglah volume tabung yang memiliki jari-jari alas dan tinggi berikut ini.
a. r = 2 m, t = 7 cm d. r = 3 m, t = 5 cm
b. r = 4 cm, t = 20 cm e. r = 3,5 cm, t = 1,2 cm
c. r = 6 cm, t = 28 cm f. r = 7 cm, t = 2,5 cm
2. Sebuah gelas yang berbentuk tabung memiliki diameter 7 cm dan tinggi 9 cm.
Hitunglah volume gelas tersebut.
isilah titik-titik berikut.
1. Luas segitiga dengan panjang alas 10 cm dan tinggi 4 cm adalah ….
2. Luas persegi panjang adalah 48 cm2. Jika panjangnya 12 cm, lebar persegi panjang adalah ….
3. Alas sebuah balok memiliki panjang 10 cm dan lebar 7 cm. Volume balok tersebut sama dengan volume tabung yang berjari-jari 7 cm dan tinggi 10 cm.
Berapa cm tinggi balok tersebut?
4. Volume kaleng susu cair yang berbentuk tabung adalah 365 cm3. Jika jari-jari kaleng tersebut 3,5 cm, berapa cm tinggi kaleng susu tersebut?
5. Sebuah tabung memiliki volume 1.100 cm3. Jika tinggi tabung tersebut 14 cm, berapa cm jari-jari alasnya?
7. Luas lingkaran yang berjari-jari 7 cm adalah ….
8. Luas lingkaran yang berdiameter 10 cm adalah ….
10. Luas alas sebuah prisma 20 cm2. Jika tinggi prisma ini 7 cm, volumenya adalah ….
12. Volume sebuah prisma adalah 70 cm3. Jika luas alasnya 14 cm2, tinggi prisma adalah ….
13. Volume sebuah tabung yang mempunyai jari-jari alas 9 cm dan tinggi 14 cm adalah ….
14. Volume sebuah tabung yang berdiameter 5 cm dan tinggi 10 cm adalah ….
2. Sebuah lapangan berbentuk lingkaran dengan jari-jari 18 m. Santi berlari mengelilingi lapangan tersebut sebanyak dua kali putaran. Berapa meter jarak yang telah ditempuh Santi?
5. Sebuah tabung memiliki jari-jari alas 5 cm dan tinggi 12 cm. Hitunglah:
a. luas alas tabung; dan
b. volume tabung.
Kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Berikut ini nilai ulangan Bahasa Indonesia dari 20 orang siswa adalah sebagai berikut.
6, 6, 7, 8, 9, 6, 7, 7, 7, 8
6, 8, 8, 9, 5, 7, 7, 8, 9, 6
Sajikanlah data tersebut dalam bentuk tabel.
2. Berikut ini data tinggi badan 20 orang siswa (dalam cm).
125, 130, 128, 128, 127, 132, 133, 135, 132, 129,
132, 133, 127, 128, 132, 136, 130, 131, 129, 132.
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel.
b. Berapa orang siswa yang tinggi badannya 135 cm?
c. Berapa cm siswa yang paling tinggi? Ada berapa siswa?
isilah titik-titik berikut dengan jawaban yang tepat.
1. 4 × (–3 + 2) = …
2. 6 × (100 – 2) = …
3. FPB dari 12, 20, dan 24 adalah ….
4. KPK dari 8, 16, dan 32 adalah ….
5. 23 + 53 – 43 = …
7. 6 l = … ml = … cm3
8. 2.000 cm3 = … ml
9. 3 m3/detik = … l/detik
10. 1.500 ml/detik = … l/detik
11. Luas segitiga dengan alas 11 cm dan tinggi 6 cm adalah … cm2.
13. Luas lingkaran yang berdiameter 12 cm adalah … cm2.
14. Luas lingkaran yang berjari-jari 14 cm adalah … cm2.
15. Rumus volume prisma adalah ….
16. Volume prisma dengan luas alas 8 cm2 dan tinggi 15 cm adalah … cm3.
17. Volume tabung dengan jari-jari alas 7 cm dan tinggi 18 cm adalah … cm3.
18. Siswa yang menyukai sepak bola ada … orang.
19. Siswa yang menyukai bola voli ada … orang.
20. Siswa yang menyukai senam ada … orang.
21. Pak Ketut mempunyai 16 mangga, 20 jeruk, dan 24 apel. Buah-buahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Ia menginginkan jumlah mangga, jeruk, dan apel dalam setiap kantongnya sama banyak. Berapa kantong plastik yang dibutuhkan?
22. Sebuah penampung air yang berbentuk kubus mempunyai volume 1 m3. Berapa desimeter panjang rusuk penampung air itu?
23. Sebuah bak akan diisi air menggunakan sebuah keran. Jika debit air pada keran 2 L/menit, berapa volume air yang tertampung setelah 5 menit?
25. Nilai ulangan Matematika 20 orang siswa Kelas VI adalah sebagai berikut.
6, 6, 6, 7, 5, 8, 8, 8, 9, 6
7, 7, 7, 6, 6, 8, 8, 9, 9, 7
a. Sajikan data tersebut dalam bentuk tabel.
b. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa?
ubahlah bentuk persen berikut menjadi bentuk desimal .
1. 10% = …. 6. 32% = …. 11. 123% = ….
2. 30% = …. 7. 46% = …. 12. 256% = ….
3. 40% = …. 8. 89% = …. 13. 471% = ….
4. 50% = …. 9. 57% = …. 14. 369% = ….
5. 70% = …. 10. 91% = …. 15. 654% = ….
kerjakanlah soal berikut .
1. Perbandingan berat badan Dino dan Iman adalah 4 : 5. Jika selisih berat badan mereka adalah 10 kg, berapakah berat badan Dino?
2. Perbandingan tabungan ayah dan paman adalah 3 : 7. Jika jumlah tabungan mereka adalah Rp2.500.000,00, berapakah tabungan ayah?
3. Luas kebun Pak Umar dan luas kebun Pak Indra adalah 72 m2. Jika perbandingan luas kebun Pak Umar dan luas kebun Pak Indra adalah 7 : 5, berapakah luas kebun Pak Umar?
4. Perbandingan banyaknya anak perempuan dan banyaknya anak laki-laki di Kelas VI adalah 2 : 3. Jika selisih keduanya adalah 5, berapakah banyak anak perempuan dan anak laki-laki di Kelas VI?
kerjakanlah soal berikut .
1. Setelah 7 hari Hasan bekerja, ia memperoleh upah Rp210.000,00. Berapakah upah Hasan setelah 9 hari bekerja?
2. Dalam 2 jam Wita mampu mengetik 8 lembar naskah. Berapa lembar naskah yang dapat diselesaikan Wita setelah 5 jam?
3. Doni mampu menghabiskan 3 kue dalam waktu 2 menit. Berapa banyak kue yang dapat Doni makan dalam waktu 6 menit?
4. Dalam 4 kotak ada 16 kaleng susu. Berapa kaleng susu yang ada pada 9 kotak?
kerjakanlah soal berikut .
1. Jarak kota Lhokseumawe ke Langsa pada peta berskala 1 : 2.475.000 adalah 5,3 cm. Berapakah jarak kedua kota tersebut sebenarnya?
2. Jarak dua kota adalah 14 km. Jika Edo ingin menggambarkannya dalam peta dengan skala 1 : 4.000.000, berapakah jarak dua kota tersebut dalam peta?
3. Jarak kota Samarinda ke kota Pontianak adalah 258 km. Jika jarak pada peta adalah 4,3 cm, berapakah skala yang digunakan peta tersebut?
kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Perbandingan volume mangkuk dan gelas adalah 15 : 8. Jika volume gelas 200 ml, berapakah volume mangkuk?
2. Selisih banyaknya karyawan di kantor A dan kantor B adalah 54. Jika perbandingan banyaknya karyawan di kantor A dan kantor B adalah 4 : 7, berapakah jumlah karyawan di kantor A dan kantor B?
4. Bentuk desimal dari 333% adalah ….
5. Jarak kota Wonosobo ke Purbalingga pada sebuah peta berskala 1 : 1.500.000 adalah 4 cm. Berapakah jarak kedua kota tersebut sebenarnya?
7. 75% dari 260 adalah ….
kerjakan soal-soal berikut .
1. a. Tentukanlah letak koordinat titik A(0, 0), B(4, 0), C(4, 2), dan D(0, 2) pada
bidang koordinat kartesius.
b. Hubungkan garis dari titik A, B, C, sampai D. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun ABCD tersebut.
2. a. Gambarlah titik P(–5, 1), Q(–2, 1), dan R(–2, 6) pada bidang koordinat kartesius.
b. Hubungkan garis dari titik P, Q, sampai R. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun PQR.
3. Diketahui koordinat titik L(1, –2), M(5, –2), dan N(2, –4). Jika kita ingin membentuk jajargenjang LMNO, tentukan koordinat titik O.
4. Persegipanjang EFGH memiliki luas daerah 10 satuan luas. Jika koordinat titik E(1, 1) dan F(3, 1), di manakah koordinat G dan H?
5. Bangun TUVW adalah layang-layang dengan koordinat titik T 2, –7), U(3, –4), dan V (2, –2).
a. Tentukanlah koordinat titik W.
b. Tentukanlah luas daerah layang-layang TUVW.
8. 0,73 + 2,001 = ….
9. 3,02 : 0,02 = ….
kerjakanlah soal-soal berikut.
1. a. Tentukan letak koordinat titik P(4, 4), Q(7, 4), R(7, –2), dan S(4, –2) pada bidang koordinat Kartesius.
b. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukanlah panjang setiap sisinya, kemudian hitunglah keliling dan luasnya.
2. a. Gambarlah titik E(–2, 1), F(3, 0), dan G(–2, –3) pada bidang koordinat Kartesius.
b. Bangun apakah yang terbentuk?
c. Tentukanlah luas bangun tersebut.
3. Diketahui koordinat titik A(8, 2) dan B(4, 5). Jika kamu ingin membentuk segitiga siku-siku ABC, tentukanlah olehmu koordinat titik C.
4. Koordinat titik A(–2, –1), B(1, 1), C(–2, 4), dan D(–3, 2) membentuk segiempat ABCD. Hitunglah luas bangun ABCD.
5. Koordinat titik K(2, 1), titik L(1, –2), dan titik N(7, 1) membentuk jajargenjang KLMN. Tentukanlah koordinat titik M dan luas jajargenjang KLMN.
kerjakanlah soal-soal berikut .
1. Diketahui data tinggi badan (dalam cm) dari 20 orang siswa adalah sebagai berikut.
127, 126, 125, 129, 128, 127, 127, 130, 128, 131
128, 128, 129, 130, 130, 131, 129, 127, 128, 129
Sajikan data-data tersebut dalam bentuk tabel.
2. Diketahui data berat badan (dalam kg) dari 30 orang siswa adalah sebagai berikut.
27, 32, 33, 34, 32, 30, 27, 30, 32, 31
32, 32, 34, 34, 35, 30, 30, 29, 32, 31
35, 33, 31, 30, 29, 28, 30, 31, 32, 33
Sajikan data-data tersebut dalam bentuk tabel.
3. Berikut ini data nilai ulangan Bahasa Indonesia dari 40 siswa.
nilai 5 sebanyak 2 orang;
nilai 7 sebanyak 10 orang;
nilai 8 sebanyak 12 orang;
nilai 9 sebanyak 4 orang.
Sajikan data tersebut dengan diagram gambar yang
kerjakanlah.
1. Tentukan rata-rata dan modus dari data berikut.
a. 4, 5, 5, 6, 7 c. 100, 200, 150, 200, 200
b. 8, 8, 9, 7, 7, 8, 6, 8
2. Nilai ulangan IPA dari 25 siswa Kelas 6 adalah
7, 6, 5, 5, 7, 8, 7, 8, 7, 9, 5, 7, 6,
5, 9, 8, 5, 6, 7, 8, 9, 6, 5, 7, 4
a. Tentukan nilai rata-ratanya.
b. Tentukan modusnya.
3. Berikut ini adalah data hasil penjualan seorang pedagang buah selama satu minggu.
Senin = 20 kg Jumat = 25 kg
Selasa = 25 kg Sabtu = 45 kg
Rabu = 30 kg Minggu = 60 kg
Kamis = 40 kg
a. Berapa kilogram rata-rata penjualan per harinya?
b. Berapakah modusnya?
4. Diketahui data ulangan Bahasa Indonesia dari 20 siswa Kelas VI sebagai berikut.
6, 6, 7, 7, 7, 6, 8, 8, 9, 7
7, 8, 8, 6, 6, 7, 7, 9, 8, 7
a. Urutkanlah data tersebut mulai dari yang terkecil.
b. Buatlah tabel dari data tersebut.
c. Nilai berapakah yang paling banyak diperoleh siswa? Ada berapa orang?
d. Nilai berapakah yang tertinggi?
e. Nilai berapakah yang terendah?
5. Dari 30 keluarga yang dimintai keterangan, diperoleh jumlah anak setiap keluarga tersebut sebagai berikut.
1, 2, 2, 2, 1, 3, 2, 1, 2, 3, 2, 2, 1, 1, 1,
2, 2, 3, 4, 2, 3, 2, 3, 2, 2, 2, 1, 1, 2, 1
a. Urutkan data tersebut mulai dari yang terkecil.
b. Buatlah tabel dari data tersebut.
c. Berapa keluarga yang memiliki anak 2 orang?
d. Berapa keluarga yang memiliki anak lebih dari 2 orang?
e. Berapa anak paling banyak yang dimiliki keluarga di daerah tersebut? Ada berapa keluarga?
4. Bentuk pecahan biasa dari 0, 25 adalah ….
6. Pecahan desimal untuk 35% adalah ….
7. Diketahui skala pada peta adalah 1 : 1.000.000. Jika jarak dua kata pada peta adalah 1,5 cm, jarak dua kota tersebut sebenarnya adalah ….
8. Selisih umur kakek dan ibu 20 tahun. Perbandingan umur kakek dan ibu adalah 5 : 3.
Umur kakek adalah … tahun.
12. 27,5% × 10 = …
13. Diketahui segitiga ABC memiliki koordinat A(–3, 1), B(–1, 1), dan C(–2, 2). Luas segitiga ABC adalah … satuan luas.
14. Koordinat titik A adalah ….
15. Koordinat titik C adalah ….
16. Luas segiempat ABCD adalah ….
21. Harga 5 buah mangga adalah Rp8.500,00. Berapa harga 10 buah mangga?
22. Setiap orang yang berbelanja ke toko seharga Rp50.000,00 akan mendapat
potongan harga sebesar 5%. Ani membeli perlengkapan sekolah ke toko itu seharga
Rp100.000,00. Berapa rupiah uang yang harus dibayarkan Ani tersebut?
23. Sebuah kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 16 m dan lebar 10 m.
Gambarlah denah kebun tersebut dengan skala 1 : 400.
24. Gambarlah pada bidang koordinat Kartesius titik A(–2, 1), B(3, –1), dan C(3, 1).
a. Bangun apa yang terbentuk jika ketiga titik dihubungkan?
b. Berapa luas daerah bangun tersebut?
25. Data nilai ulangan IPA dari 20 siswa Kelas VI adalah sebagai berikut.
7, 6, 7, 8, 8, 9, 6, 6, 7, 8
5, 6, 7, 7, 7, 8, 7, 8, 7, 6
a. Urutkanlah data tersebut mulai dari yang terkecil.
b. Tentukanlah nilai rata-rata dan modusnya.
c. Gambarkanlah data tersebut pada diagram batang dan diagram lingkaran.
d. Berapa persen siswa yang mendapat nilai 7 dari seluruh siswa?
isilah titik-titik berikut.
1. –2 × (4 + 3) = …
2. 6 × (–5 – 1) = …
3. FPB dari 12, 20, dan 40 adalah ….
4. KPK dari 5, 6, dan 15 adalah ….
5. (–2)3 = (–2) × (–2) × (–2) = …
12. Luas lingkaran yang memiliki jari-jari 6 cm adalah ….
13. Volume prisma dengan luas alas 14 cm2 dan tinggi 6 cm adalah ….
14. Nilai rata-rata dari data 4, 6, 7, 8, 8 adalah ….
15. Modus dari data 8, 8, 7, 6, 6, 8, 8, 9, 5, 5 adalah ….
16. 25% dari 40 adalah ….
17. 2,5 × 1,14 = …
20. 2,25 × 40% = …
21. Segiempat ABCD memiliki koordinat A(0, 0), B(2, 0), C(4, 2), dan D(2, 2). Luas
bangun ABCD tersebut adalah … satuan luas.
22. Diagram gambar dinamakan juga ….
23. Banyak siswa yang memperoleh nilai 5 adalah … siswa.
24. Persentase banyaknya siswa yang nilainya 7 adalah …%.
25. Persentase banyaknya siswa yang nilainya lebih kecil dari 6 adalah …%.
kerjakanlah soal-soal berikut.
1. Sebuah dus berbentuk kubus memiliki volume 8.000 cm3. Tentukan panjang rusuk dus tersebut.
2. Pak Kodir memiliki 20 jeruk, 24 manggis, dan 28 rambutan. Buah-buahan tersebut akan dimasukkan ke dalam kantong plastik. Setiap kantong plastik memuat jeruk, mangga, dan rambutan dalam jumlah yang sama.
a. Berapa banyak kantong plastik yang diperlukan?
b. Berapa banyak jeruk, manggis, dan rambutan dalam setiap kantongnya.
3. Sebuah keran air memiliki debit 0,5 L/menit. Berapa liter air yang tertampung dalam bak setelah 5 menit jika keran tersebut dialirkan?
6. Sebuah kebun berbentuk persegipanjang dengan ukuran panjang 1.250 m dan lebar
750 m. Gambarkan denah kebun tersebut dengan skala 1 : 25.000.
7. Untuk membuat 12 setel baju seragam sekolah, seorang penjahit memerlukan 30 meter kain. Berapa meter kain untuk menjahit 100 setel baju seragam sekolah?
8. Adi memiliki tabungan sebesar Rp200.000,00. Kemudian, sebanyak 40% ia gunakan untuk membeli peralatan sekolah. Berapa rupiah sisa uang tabungan Adi sekarang?
9. Gambarlah pada bidang koordinat Kartesius titik-titik berikut.
A(–3, 0), B(3, 0), C(3, 4), D(0, 4), dan E(–3, 2).
Kemudian, hitunglah luas daerahnya.
10. Diketahui data ulangan Matematika dari 20 siswa Kelas VI sebagai berikut.
6, 7, 7, 8, 8, 7, 7, 9, 9, 6
6, 7, 7, 8, 7, 8, 9, 6, 6, 8
a. Tentukan rata-rata dan modus dari titik tersebut.
b. Gambarkanlah diagram gambarnya.
c. Gambarkanlah diagram batangnya.
d. Gambarkanlah diagram lingkarannya.
Jumat, 05 November 2010
Mengapa karyawan perlu ngeblog ?
Oleh : Setiaji
Topik ini sengaja saya angkat sebagai bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang mungkin belum punya Blog. Jika Anda seorang karyawan, sepertinya memang perlu mempertimbangkan untuk memiliki Blog sendiri ketimbang jadi penonton saja :) Ada beberapa manfaat jika seorang karyawan memiliki Blog diantaranya :
Personal Branding
Komunitas Baru
Hobby
Curhat
Strategi
Tanggung Jawab Sosial
Kita akan coba bahas satu persatu point-point di atas.
bullet_text.gif Personal Branding
Seperti postingan saya terdahulu yang sedikit membicarakan Personal Branding ini, tiap-tiap dari kita pastinya sudah menjadikan profesi kita layaknya status pribadi kita. Kalau di kantor tentu saja semua rekan kerja kita tahu siapa
dan apa pekerjaan kita. Nah bagaimana dunia luar bisa tahu siapa kita ? Disinilah Blog berperan sebagai sarana untuk membangun Personal Branding kita. Siapa dan apa keahlian kita bisa dituangkan di Blog. Dengan rajin memposting
artikel atau apapun yang berhubungan dengan profesi kita, memberikan tips dan kiat-kiat praktis dari jenis pekerjaan kita, sebenarnya kita sudah mulai membangun “Merk Pribadi” untuk dapat dikenal dan diketahui orang banyak. Narsis ? hehehe kenapa tidak ? Toh kita juga memberikan sesuatu (informasi) yang berguna untuk para pengunjung Blog kita.
bullet_text.gif Komunitas Baru
Tidak kurang dari 8 jam sehari waktu kita habiskan di kantor. Setelah itu pulang ke rumah. Berapa banyak teman kita bertambah tiap hari ? atau tiap bulan ? Resiko menjadi karyawan adalah terbelenggunya kita oleh ruang dan waktu di kantor. Lalu apakah kita tidak berhak bersosialisasi ? berkenalan dengan orang-orang baru ? berkomunikasi dengan orang lain selain rekan kerja ? Tentu saja boleh dan bisa. Beruntung Blog dapat membebaskan ‘belenggu’ tersebut :)
Dengan NgeBlog anda PASTI mendapatkan teman baru, komunitas baru, bentuk sosialisasi baru ! Begitu efektifnya Blog sehingga kita tetap bisa GAUL dan tidak kehilangan ‘peradaban’ diluar sana. Jadi NgeBlog juga berarti ‘Memerdekakan’ kita dari ruang dan waktu akibat rutinitas pekerjaan di kantor.
bullet_text.gif Hobby
Tentu saja kalau kita bisa menyalurkan hobby kita dalam bentuk tulisan di Blog, itu adalah suatu kepuasan batin yang luar biasa. Semua orang pastinya punya hobby. Ceritakan dan berbagilah dengan orang lain di Blog Anda tentang apa yang Anda sukai. Lalu sambutlah mereka yang akan bergerak merapat ke Anda untuk saling berkisah. Ingat Law of Attraction ? Saat Anda mengeluarkan suatu energi, maka energi sejenis akan menghampiri Anda. Saat Anda dikelilingi oleh orang-orang yang satu hobby, apa yang terjadi ? Gairah hidup Anda akan semakin membara, itu pasti !
bullet_text.gif Curhat
Nah ini menarik. Tidak selalu dalam pekerjaan di kantor kita mengalami hal-hal yang menyenangkan. Kita pastinya pernah ‘bete’ atau jenuh mungkin ? Blog dapat menjadi obat yang mujarab menyembuhkan ‘penyakit’ itu tadi. Bukan cuma sahabat yang bisa dijadikan tempat pelampiasan curhat, Blog juga bisa lho. Goreskan saja semua agar hati kita menjadi lega. Tentunya tetap dengan kalimat yang asyik, jangan sampai membabi buta, takutnya pengunjung Blog kita kabur karena ngeri baca postingan kita :) Enjoy aja.
bullet_text.gif Strategi
Terkadang (bahkan sering) ide atau gagasan kita ditolak oleh bos atau rekan kerja. Entah apapun alasannya yang pasti ini membuat kita tidak nyaman. Jangan buang ide atau gagasan Anda ke tempat sampah. Tuliskan di Blog ! selama itu bukan bersifat rahasia (di perusahaan). Sekali lagi, tuliskan ide atau gagasan Anda di Blog ! Kalau ide Anda memang bagus, PASTI akan mendapat banyak response positif dari pengunjung. Mereka yang berkomentar pastinya lebih netral dan objektif dibandingkan bos atau rekan kerja Anda. Bisa jadi dari komentar yang masuk, Anda mendapatkan data dan fakta lain yang mendukung gagasan Anda. Setelah itu kembali utarakan ide atau gagasan Anda bersama ’senjata baru’ yang mendukung itu ke bos atau rekan kerja Anda. Tidak perlu ragu atau takut, coba lagi !
bullet_text.gif Tanggung Jawab Sosial
Mungkin ini sedikit berlebihan, tapi ini baik. Kalau kita punya sedikit ilmu yang bermanfaat, bagikanlah kepada sesama.
Blog merupakan sarana yang sangat tepat untuk berbagi. Memberikan apa yang kita bisa untuk bisa diikuti oleh orang lain agar bisa dimanfaatkan olehnya dan berharap bisa membantu meningkatkan entah ilmu atau kemampuan, itu adalah sesuatu yang mulia. Jadi NgeBlog juga berarti bentuk tanggung jawab sosial dari kita kepada sesama. Tuliskan, informasikan dan berbagilah. Dari Blog kita bisa membangun solidaritas sosial bagi sesama, duh :)
Nah itulah beberapa alasan dan manfaat bagi karyawan yang NgeBlog.
Apalagi kalau dikantor memang disediakan fasilitas internet, wah makin mantab :)
Bagaimana ? Ada yang ingin menambahkan ?
Topik ini sengaja saya angkat sebagai bahan pertimbangan bagi rekan-rekan yang mungkin belum punya Blog. Jika Anda seorang karyawan, sepertinya memang perlu mempertimbangkan untuk memiliki Blog sendiri ketimbang jadi penonton saja :) Ada beberapa manfaat jika seorang karyawan memiliki Blog diantaranya :
Personal Branding
Komunitas Baru
Hobby
Curhat
Strategi
Tanggung Jawab Sosial
Kita akan coba bahas satu persatu point-point di atas.
bullet_text.gif Personal Branding
Seperti postingan saya terdahulu yang sedikit membicarakan Personal Branding ini, tiap-tiap dari kita pastinya sudah menjadikan profesi kita layaknya status pribadi kita. Kalau di kantor tentu saja semua rekan kerja kita tahu siapa
dan apa pekerjaan kita. Nah bagaimana dunia luar bisa tahu siapa kita ? Disinilah Blog berperan sebagai sarana untuk membangun Personal Branding kita. Siapa dan apa keahlian kita bisa dituangkan di Blog. Dengan rajin memposting
artikel atau apapun yang berhubungan dengan profesi kita, memberikan tips dan kiat-kiat praktis dari jenis pekerjaan kita, sebenarnya kita sudah mulai membangun “Merk Pribadi” untuk dapat dikenal dan diketahui orang banyak. Narsis ? hehehe kenapa tidak ? Toh kita juga memberikan sesuatu (informasi) yang berguna untuk para pengunjung Blog kita.
bullet_text.gif Komunitas Baru
Tidak kurang dari 8 jam sehari waktu kita habiskan di kantor. Setelah itu pulang ke rumah. Berapa banyak teman kita bertambah tiap hari ? atau tiap bulan ? Resiko menjadi karyawan adalah terbelenggunya kita oleh ruang dan waktu di kantor. Lalu apakah kita tidak berhak bersosialisasi ? berkenalan dengan orang-orang baru ? berkomunikasi dengan orang lain selain rekan kerja ? Tentu saja boleh dan bisa. Beruntung Blog dapat membebaskan ‘belenggu’ tersebut :)
Dengan NgeBlog anda PASTI mendapatkan teman baru, komunitas baru, bentuk sosialisasi baru ! Begitu efektifnya Blog sehingga kita tetap bisa GAUL dan tidak kehilangan ‘peradaban’ diluar sana. Jadi NgeBlog juga berarti ‘Memerdekakan’ kita dari ruang dan waktu akibat rutinitas pekerjaan di kantor.
bullet_text.gif Hobby
Tentu saja kalau kita bisa menyalurkan hobby kita dalam bentuk tulisan di Blog, itu adalah suatu kepuasan batin yang luar biasa. Semua orang pastinya punya hobby. Ceritakan dan berbagilah dengan orang lain di Blog Anda tentang apa yang Anda sukai. Lalu sambutlah mereka yang akan bergerak merapat ke Anda untuk saling berkisah. Ingat Law of Attraction ? Saat Anda mengeluarkan suatu energi, maka energi sejenis akan menghampiri Anda. Saat Anda dikelilingi oleh orang-orang yang satu hobby, apa yang terjadi ? Gairah hidup Anda akan semakin membara, itu pasti !
bullet_text.gif Curhat
Nah ini menarik. Tidak selalu dalam pekerjaan di kantor kita mengalami hal-hal yang menyenangkan. Kita pastinya pernah ‘bete’ atau jenuh mungkin ? Blog dapat menjadi obat yang mujarab menyembuhkan ‘penyakit’ itu tadi. Bukan cuma sahabat yang bisa dijadikan tempat pelampiasan curhat, Blog juga bisa lho. Goreskan saja semua agar hati kita menjadi lega. Tentunya tetap dengan kalimat yang asyik, jangan sampai membabi buta, takutnya pengunjung Blog kita kabur karena ngeri baca postingan kita :) Enjoy aja.
bullet_text.gif Strategi
Terkadang (bahkan sering) ide atau gagasan kita ditolak oleh bos atau rekan kerja. Entah apapun alasannya yang pasti ini membuat kita tidak nyaman. Jangan buang ide atau gagasan Anda ke tempat sampah. Tuliskan di Blog ! selama itu bukan bersifat rahasia (di perusahaan). Sekali lagi, tuliskan ide atau gagasan Anda di Blog ! Kalau ide Anda memang bagus, PASTI akan mendapat banyak response positif dari pengunjung. Mereka yang berkomentar pastinya lebih netral dan objektif dibandingkan bos atau rekan kerja Anda. Bisa jadi dari komentar yang masuk, Anda mendapatkan data dan fakta lain yang mendukung gagasan Anda. Setelah itu kembali utarakan ide atau gagasan Anda bersama ’senjata baru’ yang mendukung itu ke bos atau rekan kerja Anda. Tidak perlu ragu atau takut, coba lagi !
bullet_text.gif Tanggung Jawab Sosial
Mungkin ini sedikit berlebihan, tapi ini baik. Kalau kita punya sedikit ilmu yang bermanfaat, bagikanlah kepada sesama.
Blog merupakan sarana yang sangat tepat untuk berbagi. Memberikan apa yang kita bisa untuk bisa diikuti oleh orang lain agar bisa dimanfaatkan olehnya dan berharap bisa membantu meningkatkan entah ilmu atau kemampuan, itu adalah sesuatu yang mulia. Jadi NgeBlog juga berarti bentuk tanggung jawab sosial dari kita kepada sesama. Tuliskan, informasikan dan berbagilah. Dari Blog kita bisa membangun solidaritas sosial bagi sesama, duh :)
Nah itulah beberapa alasan dan manfaat bagi karyawan yang NgeBlog.
Apalagi kalau dikantor memang disediakan fasilitas internet, wah makin mantab :)
Bagaimana ? Ada yang ingin menambahkan ?
Langganan:
Postingan (Atom)
Wawasan IPS
Bukan Omong Kosong
rENUNGAN
Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF
1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.
2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati
3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.
4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.
5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.
6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.
7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.
8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita
9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.
10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.
Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.
10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/
Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF
1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.
2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati
3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.
4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.
5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.
6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.
7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.
8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita
9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.
10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.
Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.
10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/