Kunci Jawaban Let’s Make Friends with English
untuk SD Kelas 5
Lesson 1 How Many Oranges Do You Have?
Let’s listen and repeat (hlm. 1)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk mengamati gambar buah-buahan di dalam rak. Pada setiap gambar terdapat nama buah tersebut. Setelah siswa mengamati gambar-gambar buah, guru memutar kaset/CD listening dan siswa diminta untuk meniru pengucapan nama-nama buah di dalam gambar.
Let’s learn about it (hlm. 2)
Pada bagian ini, guru akan mengajarkan ekspresi yang umum digunakan untuk menanyakan jumlah (buah) serta respon atas pertanyaan itu. Guru sebaiknya mengucapkan ekspresi-ekspresi tersebut dan siswa diminta untuk mengulanginya. Pastikan siswa mengucapkan semua ekspresi dengan tepat. Selanjutnya, guru meminta siswa untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s read (hlm. 3)
Guru membimbing siswa untuk membaca jumlah dari beberapa nama buah (bentuk tunggal dan jamak) secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca, guru mengoreksi bila siswa melakukan kesalahan membaca. Selanjutnya, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan jumlah dan nama buah dengan benar.
Let’s complete the dialogues (hlm. 4)
Siswa diminta untuk menyusun percakapan berdasarkan gambar sesuai contoh. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dengan tepat berdasarkan gambar.
Jawaban:
Let’s listen and answer (hlm. 5)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk memberikan respon secara lisan dari pertanyaan yang diberikan. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa memberikan respon sesuai gambar dengan tepat.
Jawaban:
1. I have ten bananas.
3. I have three mangoes.
5. I have six oranges.
2. I have eight limes.
4. I have one coconut.
6. I have ten strawberries.
Let’s listen and fill the crossword (hlm. 6)
Siswa diminta untuk mendengarkan kaset/CD listening dan menuliskan jawaban pada tempat yang disediakan. Selanjutnya, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah soal latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan menuliskan jawaban dengan tepat.
Jawaban:
S
G R A P E T
A R
P I N E A P P L E
A W I C
Y B M A N G O
A E E C
R O
R N
Y U
T
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 2 What Do You Need?
Let’s listen and repeat (hlm. 7)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk mendengarkan pengucapan nama-nama sayuran dalam bahasa Inggris. Pertama-tama, guru memutar kaset/CD rekaman, selanjutnya siswa diminta untuk mengulangi pengucapan nama-nama sayuran tersebut. Guru membantu siswa untuk mengucapkan nama-nama sayuran dengan intonasi yang tepat.
Let’s learn about it (hlm. 8)
Di bagian ini, guru mengajarkan ekspresi yang umum digunakan untuk menanyakan sesuatu yang dibutuhkan, menawarkan bantuan, serta respon bagi pertanyaan tersebut. Guru sebaiknya memastikan bahwa siswa sudah benar-benar mengerti ekspresi tersebut dengan baik. Selanjutnya, guru meminta siswa untuk menuliskan nilai untuk mereka sendiri mengenai materi yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s read (hlm. 9)
Guru membimbing siswa untuk membaca dialog bersama satu orang teman secara mandiri. Guru memantau kegiatan siswa sambil menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah dialog. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa membaca dialog dengan intonasi yang tepat.
Let’s write (hlm. 10)
Siswa diminta untuk melengkapi nama sayuran sesuai gambar yang diberikan. Setelah siswa selesai mengerjakan, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi nama sayuran dengan tepat.
Jawaban:
GARLIC
CHILLIES
SHALLOTS
TOMATOES
POTATOES
CUCUMBERS
MUSHROOM
CARROTS
CABBAGE
Let’s listen and circle (hlm. 11)
Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan pengucapan nama-nama sayuran dari kaset/CD listening. Selanjutnya, siswa harus melingkari salah satu dari empat nama sayuran yang disediakan. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan melingkari nama sayuran dengan tepat.
Jawaban:
1. potatoes
2. corn
3. onions
4. carrots
Let’s ask and answer (hlm. 12)
Latihan ini adalah untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Guru meminta siswa untuk melakukan tanya-jawab dengan beberapa orang teman (sampai dengan 10 orang teman). Bentuk tanya-jawab dibuat seperti contoh sesuai dengan gambar di dalam tabel. Guru menyimak tanya-jawab yang dilakukan siswa dan mengoreksi bila terdapat kesalahan dalam pengucapan. Selanjutnya, guru akan menilai tanya-jawab tersebut dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melakukan tanya-jawab dengan baik.
Let’s rearrange the jumbled letters (hlm. 13)
Siswa diminta untuk menyusun huruf-huruf acak menjadi sebuah kata yang berhubungan dengan nama sayuran. Setelah siswa selesai mengerjakan, cek jawaban siswa bersama seluruh kelas.
Jawaban:
1. CORN
2. BEANS
3. SPINACH
4. CHILLIES
5. ONIONS
6. POTATOES
7. CARROTS
8. CAULIFLOWER
9. CABBAGE
10. EGGPLANT
11. MUSHROOM
12. GARLIC
13. CUCUMBER
14. PUMPKIN
15. LETTUCE
Let’s rearrange the jumbled words (hlm. 14)
Pada bagian akhir Lesson 2, siswa diminta untuk menyusun kata menjadi kalimat yang benar.
Jawaban:
1. I need carrots.
2. She needs onions and chillies.
3. John needs cauliflower.
4. You need beans and corn.
5. Rina needs tomatoes and spinach.
6. Popeye and Olive need spinach.
7. Mother needs garlic and mushroom.
8. Aunt Betty needs pumpkin.
9. We need cucumber.
10. My brother needs potatoes.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 3 What Do You Like to Drink?
Let’s listen and repeat (hlm. 15)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mempelajari pengucapan nama-nama jenis minuman dalam berbagai ukuran. Pertama-tama, guru memutar kaset/CD listening dan meminta semua siswa untuk mengulangi nama-nama minuman yang mereka dengar dengan suara nyaring.
Let’s learn about it (hlm. 16)
Guru akan mengajarkan ekspresi yang biasa digunakan untuk menanyakan jenis minuman kesukaan serta respon yang sesuai. Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s listen and write (hlm. 17)
Pada bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan beberapa dialog. Selanjutnya, siswa melengkapi jawaban dari pertanyaan dalam dialog yang mereka dengarkan.
Jawaban:
Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan menuliskan respon dengan tepat.
Let’s read (hlm. 18)
Di bagian ini, siswa diminta untuk membaca 3 buah monolog pendek secara mandiri mengenai minuman yang diminum oleh beberapa orang. Sambil mendengarkan siswa membaca, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa membaca monolog singkat dengan benar.
Let’s listen and circle (hlm. 19)
Di latihan ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan pengucapan nama-nama jenis minuman dari kaset/CD listening. Selanjutnya, siswa harus melingkari nama-nama minuman yang mereka dengar. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan melingkari nama minuman dengan tepat.
Jawaban:
iced tea, orange juice, milk, avocado juice, ginger tea, plain water, coffee.
Let’s ask and answer (hlm. 20)
Pada bagian ini, siswa akan belajar untuk membuat laporan singkat mengenai minuman kesukaan dari lima orang teman. Siswa diminta untuk bekerja dalam kelompok yang terdiri dari enam orang. Selanjutnya, mereka akan melakukan tanya-jawab dan melengkapi tabel yang tersedia. Kemudian, hasil wawancara tersebut dituliskan dalam bentuk laporan singkat yang disampaikan secara lisan di depan kelas. Sambil mendengarkan laporan siswa, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bagian bawah dialog. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyampaikan laporan singkat berdasarkan wawancara yang dilakukan sebelumnya.
Jawaban:
(Masing-masing jawaban siswa berbeda sesuai dengan wawancara dalam kelompoknya)
Let’s rearrange the jumbled words (hlm. 21)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar. Soal nomor 1 sudah diselesaikan sebagai contoh.
Jawaban:
2. Mr Budi likes to drink a glass of water.
3. He likes to drink a glass of lemonade.
4. Susan likes to drink a mug of hot chocolate.
5. They like to drink a glass of orange juice.
6. Father likes to drink a glass of ginger tea.
Let’s figure out what these words really are (hlm. 21)
Sebagai latihan selanjutnya, siswa diminta menerka nama jenis-jenis minuman dari huruf-huruf acak di dalam kotak yang disediakan. Selanjutnya, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan menyusun huruf-huruf acak menjadi nama beberapa jenis minuman yang tepat.
Jawaban:
1. tomato juice
2. tea
3. lemonade
4. milk
5. water
6. orange juice
7. coffee
8. ginger tea
9. avocado juice
10. iced tea
Let’s have fun (hlm. 22)
Di bagian akhir ini, siswa diberikan resep untuk membuat minuman (jus buah) yang praktis serta mudah untuk diikuti. Siswa dapat membuat jus tersebut di rumah maupun di sekolah bila memungkinkan.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 4 My Hobby is Cycling
Let’s listen and repeat (hlm. 23)
Di bagian awal bab ini, siswa diajak untuk mengamati gambar-gambar beberapa orang yang sedang melakukan percakapan mengenai hobi mereka. Setelah siswa selesai mengamati gambar, guru memperdengarkan kaset/CD listening dan siswa mengulangi dialog yang mereka dengar.
Let’s learn about it (hlm. 24)
Pada bagian ini, siswa akan belajar mengenai ekspresi yang biasa digunakan untuk menanyakan hobi atau kesukaan seseorang serta respon dari pertanyaan tersebut. Selanjutnya, siswa diminta untuk menilai diri mereka masing-masing mengenai apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s learn more hobbies (hlm. 25)
Para siswa diminta untuk mempelajari jenis-jenis kegiatan/hobi. Setelah selesai, guru meminta beberapa siswa untuk secara sukarela membacakan jenis-jenis hobi tersebut di depan kelas.
Let’s listen and repeat (hlm. 26—27)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk mendengarkan kaset/CD listening dan mengulangi pengucapan yang mereka dengar dari rekaman kaset/CD. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dengan baik dan mengulangi ucapan yang mereka dengar dengan tepat.
Let’s write (hlm. 28)
Sebagai latihan selanjutnya, siswa diminta untuk melengkapi kalimat berdasarkan kegiatan di dalam gambar. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi dialog dengan tepat sesuai gambar yang diberikan.
Jawaban:
1. swimming.
3. playing computer games.
5. playing the guitar.
2. His hobby is collecting stamps.
4. Her hobby is reading.
6. His hobby is fishing.
Let’s read (hlm. 29)
Guru membimbing siswa untuk membaca secara mandiri tiga monolog mengenai hobi beberapa orang di dalam gambar. Sambil mendengarkan siswa membaca, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca dengan intonasi yang sesuai.
Let’s talk (hlm. 30)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk menceritakan mengenai hobinya. Setelah menceritakan hobi masing-masing, siswa diminta untuk menceritakan hobi anggota keluarga atau teman. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menceritakan hobi diri sendiri dan orang lain dengan intonasi yang sesuai.
Let’s enjoy (hlm. 31—32)
Latihan ini dibuat sebagai penutup bab 4. Siswa diminta untuk melingkari hobi yang sesuai dengan gambar yang diberikan.
Jawaban:
(hlm. 31)
Cycling
Collecting stamps
Gardening
Playing the piano
Fishing
Playing computer games
(hlm. 32)
Painting
Reading
Singing
Cooking
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 5 Around the School
Let’s listen and repeat (hlm. 33)
Pada bagian ini, siswa diajak untuk belajar pengucapan mengenai nama-nama ruangan yang ada di sekolah. Pertama-tama, siswa akan mendengarkan rekaman kaset/CD dan mengulangi dua buah dialog. Guru harus memastikan bahwa siswa dapat mengulangi dialog tersebut dengan benar.
Let’s learn about it (hlm. 34)
Siswa akan belajar mengenai ekspresi yang banyak digunakan di lingkungan sekolah. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai untuk mereka berdasarkan apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s listen and repeat (hlm. 35—36)
Siswa akan mendengarkan rekaman kaset/CD listening dan mengulangi sepuluh nama ruangan di sekolah yang mereka dengar. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan mengulangi pengucapan nama-nama ruangan di sekolah dengan benar.
Let’s write the name of each picture (hlm. 37)
Siswa diminta untuk menuliskan nama-nama ruangan yang ada pada gambar.
Jawaban:
Classroom
Teacher’s room
Prayer room
Canteen
School library
Storeroom
Laboratory
School office
Restroom
Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menuliskan nama-nama ruangan pada gambar dengan tepat.
Let’s read the dialogues (hlm. 38)
Guru membimbing siswa untuk membaca dialog yang terdapat di dalam gambar dengan mandiri. Kemudian, siswa akan membaca semua dialog tersebut secara berpasangan. Setelah siswa selesai membaca, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca dengan tepat secara berpasangan.
Let’s read (hlm. 39)
Sebagai latihan membaca lanjutan, siswa diminta untuk membaca monolog di dalam gambar secara mandiri.
Let’s talk (hlm. 39)
Pada bagian ini, guru meminta siswa untuk menceritakan tempat kesukaan di sekolah serta alasan mengapa siswa menyukai tempat tersebut. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menceritakan tempat favoritnya secara jelas dengan intonasi yang tepat.
Let’s match (hlm. 40)
Pada bagian akhir ini, siswa diminta untuk menghubungkan dengan garis nama ruangan di sekolah dengan keterangan tempat tersebut.
Jawaban:
1. - - - teacher’s room
2. - - - restroom
3. - - - library
4. - - - canteen
5. - - - classroom
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 6 Where Did You Go?
Let’s listen and repeat (hlm. 41)
Pada bagian ini, siswa diajak untuk mengamati gambar percakapan antara dua orang anak mengenai liburan. Setelah itu, guru memutar kaset/CD listening dan siswa diminta untuk mengulangi percakapan yang mereka dengar. Guru dapat meminta beberapa pasang siswa untuk maju memeragakan percakapan tersebut secara sukarela.
Let’s learn about it (hlm. 42)
Siswa akan diajak untuk terus mempelajari bentuk ekspresi yang biasa digunakan untuk menanyakan kegiatan (liburan) yang dilakukan di waktu lampau. Pada tabel pertama, terdapat bentuk pertama (infinitive) dan bentuk lampau masing-masing kata. Sedangkan pada tabel time markers, diberikan beberapa keterangan waktu lampau. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai tersebut berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s read the dialogues (hlm. 43)
Siswa diminta untuk membaca empat buah dialog secara mandiri bersama dengan satu orang teman (berpasangan).
Let’s listen and complete (hlm. 44)
Di bagian ini, guru akan meminta siswa untuk mendengarkan lima buah kalimat mengenai liburan dari kaset/CD listening. Selanjutnya, siswa diminta untuk melengkapi kalimat dengan mengisi kata-kata yang hilang sesuai dengan yang mereka dengar. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan melengkapi kalimat dengan benar.
Jawaban:
1. I went to Bali last month.
2. She ate dinner last night.
3. He drank coffee this morning
4. They stayed at home yesterday.
5. We went to Mount Gede last year.
Let’s rearrange the jumbled words (hlm. 44)
Guru membimbing siswa untuk menyusun kata-kata yang diacak menjadi kalimat yang sesuai.
Jawaban:
1. Ratih washed the dishes this morning.
2. My family and I ate pizza last Sunday.
3. My brother slept very late last night.
4. Randy and Tono played marbles last Wednesday.
5. My sister watched Doraemon last week.
Let’s rearrange the sentences (hlm. 45)
Siswa diminta untuk menyusun kalimat yang diacak menjadi paragraf yang benar. Urutan kalimat yang benar ditulis di dalam kotak yang disediakan di akhir tiap kalimat. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyusun kalimat menjadi paragraf yang benar.
Jawaban:
1. - - - 2
- - - 1
- - - 4
- - - 3
2. - - - 3
- - - 2
- - - 4
- - - 1
3. - - - 2
- - - 1
- - - 4
- - - 3
Let’s speak (hlm. 46)
Pada bagian ini siswa akan mengucapkan paragraf yang telah disusun pada halaman 45 menjadi beberapa buah dialog. Sebelumnya, siswa diminta untuk mencari pasangan. Selanjutnya, setiap pasangan siswa diminta untuk membuat dialog yang serupa untuk diperagakan di depan kelas secara bergantian dengan pasangan masing-masing. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah dialog. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa memeragakan dialog dengan tepat.
Let’s read and answer (hlm. 47)
Pada latihan ini siswa diminta untuk membaca cerita pendek yang berjudul Anastasia’s Unforgettable Experience lalu menjawab pertanyaan berdasarkan cerita tersebut. Sambil mengawasi kegiatan siswa, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca cerita pendek dan menjawab pertanyaan dengan benar.
Jawaban:
1. Anastasia knew English when she was three years old.
2. Anastasia’s favourite book when she was a kid was A Picture Dictionary of Indonesia-English.
3. Anastasia joined an English course five years ago.
4. Anastasia followed a spelling competition last year.
5. Yes, she did.
6. She got tickets to Australia for two weeks.
7. She went to Australia with her parents.
8. Because it was her first time going overseas.
Let’s enjoy (hlm. 48)
Ini merupakan bagian terakhir bab 6. Pada bagian ini, siswa diajak untuk bermain semacam permainan “ular tangga”. Untuk memainkan permainan ini, siswa membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang. Selanjutnya, siapkan dadu. Aturan permainan adalah naik bila berhenti di kotak tangga dan turun bila berhenti di kotak ular. Yang tercepat sampai di kotak nomor 16 adalah pemenangnya.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 7 It Suits You
Let’s listen and repeat (hlm. 49)
Pada awal bab ini, siswa diajak untuk mendengarkan percakapan dari kaset/CD listening mengenai pakaian yang mereka pakai. Kemudian, siswa diminta untuk mengulangi percakapan yang mereka dengar bersama seorang teman. Guru dapat meminta beberapa pasang siswa untuk secara sukarela maju ke depan kelas dan memeragakan percakapan tersebut.
Let’s learn about it (hlm. 50)
Bagian ini merupakan pembelajaran mengenai ekspresi yang digunakan untuk menyatakan pendapat mengenai penampilan seseorang. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s read (hlm. 51)
Guru membimbing siswa untuk membaca secara mandiri beberapa komentar mengenai pakaian dan penampilan orang di dalam gambar. Sambil mendengarkan siswa membaca komentar, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan intonasi yang benar.
Let’s rearrange the jumbled words (hlm. 52)
Guru meminta siswa untuk menyusun kata-kata yang diacak menjadi kalimat yang benar.
Jawaban:
1. The shirt suits him.
3. The shoes are too small.
5. The shorts are too bright.
2. The trousers are too long.
4. The T-shirt is too dark.
6. The hat is too big.
Let’s write (hlm. 53)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk menuliskan paragraf singkat yang berisi deskripsi dari orang-orang yang terdapat pada gambar. Pertama-tama, siswa diminta untuk membaca deskripsi orang-orang pada gambar, kemudian siswa menggunakan deskripsi tersebut dan menuliskan paragraf singkat seperti contoh.
Jawaban:
1. This is Susan. She is short. She has big eyes. She wears a red T-shirt and grey trousers. She wears grey shoes.
2. This is Mike. He is tall. He has a big nose. He wears a brown sweater and black trousers. He wears brown shoes.
Let’s talk (hlm. 54)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk mengamati penampilan teman-teman sekelas. Kemudian, siswa menuliskan komentar terhadap delapan orang teman di dalam tabel yang telah disediakan. Setelah menuliskan komentarnya, siswa harus menyampaikan komentar terhadap penampilan teman-temannya tersebut secara lisan. Sambil mendengarkan siswa memberikan komentar, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah tabel. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa memberikan komentar dengan baik.
Let’s write (hlm. 55)
Siswa diminta untuk membuat kartu ucapan yang diberikan bersama dengan hadiah yang dapat digunakan (pakaian, sepatu, topi, pita, dll). Pertama-tama, siswa diminta untuk membaca contoh kartu ucapan. Selanjutnya, siswa akan menulis kartu ucapan masing-masing. Kemudian, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menuliskan kartu ucapan dengan benar.
Let’s listen and circle (hlm. 56)
Siswa terlebih dahulu mendengarkan kaset/CD listening, kemudian siswa harus melingkari salah satu dari dua kata yang diucapkan dalam rekaman. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan melingkari jawaban yang benar.
Jawaban:
1. short
2. big
3. bright
4. red
5. small
6. long
7. black
8. blue
Let’s rearrange the jumbled letters (hlm. 56)
Pada bagian ini, siswa akan menyusun huruf-huruf yang diacak menjadi kata yang tepat.
Jawaban:
1. long
2. big
3. dark
4. small
5. suit
6. short
7. bright
8. red
9. dress
10. trousers
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 8 By Bicycle
Let’s listen and repeat (hlm. 57)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mendengarkan beberapa percakapan mengenai cara bepergian. Setelah siswa mengamati gambar-gambar tersebut, guru memutar kaset/CD listening dan siswa diminta untuk mengulangi pengucapan dialog yang mereka dengar.
Let’s learn about it (hlm. 58)
Siswa akan diajak mempelajari ekspresi yang biasa digunakan untuk menanyakan dan merespon pertanyaan mengenai cara bepergian. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s read the dialogues (hlm. 59—60)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk membaca dialog dengan suara nyaring bersama seseorang secara mandiri. Sambil mendengarkan siswa membaca dialog, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan mengucapkan kata dengan intonasi yang benar.
Let’s listen and circle (hlm. 61)
Pertama-tama, siswa diminta untuk mendengarkan kaset/CD listening. Kemudian, siswa diminta untuk melingkari kata-kata yang mereka dengar dari rekaman. Setelah siswa selesai mengerjakan soal, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan melingkari jawaban yang tepat.
Jawaban:
1. bicycle
2. plane
3. train
4. taxi
5. boat
6. motorcycle
7. bus
8. train
9. ferry
10. plane
Let’s respond (hal. 62)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk menuliskan respon terhadap pertanyaan yang terdapat pada setiap gambar. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menuliskan jawaban sesuai dengan pertanyaan.
Jawaban:
1. on foot
2. the market by becak
3. to the office by car
4. goes to Bandung by train
5. goes to Yogyakarta by plane
Let’s write (hal. 63)
Guru membimbing siswa untuk menuliskan kalimat sesuai contoh berdasarkan gambar yang diberikan.
Jawaban:
1. Going by bus is faster than going by bicycle.
or
Going by bicycle is slower than going by bus.
2. Going by plane is faster than going by bus.
or
Going by bus is slower than going by plane.
3. Going by bicycle is slower than going by train.
or
Going by train is faster than going by bicycle.
4. Going by motorcycle is faster than going by pedicab.
or
Going by pedicab is slower than going by motorcycle.
5. Going by ship is faster than going by car.
or
Going by car is slower than going by ship.
Let’s ask friends (hlm. 64)
Pada bagian akhir ini, siswa diminta untuk melakukan tanya-jawab dengan lima orang teman mengenai bagaimana cara mereka pergi ke sekolah. Hasil wawancara siswa dituliskan di dalam tabel yang disediakan Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melakukan tanya-jawab dengan baik.
* Jawaban setiap siswa akan berbeda-beda sesuai dengan hasil wawancara masing-masing.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 9 How Much is It?
Let’s listen and repeat (hlm. 65)
Pada bagian ini, siswa diajak untuk mengamati beberapa gambar percakapan yang berhubungan dengan harga barang. Setelah mengamati gambar, guru akan memutar kaset/CD listening dan siswa diminta untuk mengulangi percakapan yang mereka dengar.
Let’s learn about it (hal. 66)
Di bagian ini, guru meminta siswa untuk mempelajari bentuk ekspresi yang digunakan dalam percakapan mengenai harga barang. Siswa diminta mengucapkan dialog tersebut, pada saat yang bersamaan guru menyimak pengucapan siswa dan mengoreksi bila terjadi kesalahan. Selanjutnya, siswa menuliskan nilai untuk mereka sendiri mengenai materi yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s listen and repeat (hlm. 67—68)
Pada latihan ini, guru meminta siswa untuk mendengarkan beberapa kalimat yang menyatakan harga barang. Kemudian, siswa mengulangi pengucapan kalimat-kalimat tersebut. Kemudian, guru menilai ketepatan menyimak siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan mengulangi kalimat yang mereka dengar dengan benar.
Let’s ask and say the price (hlm. 69)
Siswa diminta untuk melakukan tanya-jawab mengenai harga barang yang terdapat di bawah setiap gambar. Bentuk pertanyaan dan jawaban mengikuti bentuk yang sudah dipelajari sebelumnya. Selanjutnya, guru akan menilai pengucapan siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyusun dialog dan memeragakannya dengan benar.
Jawaban:
Let’s rearrange the words (hlm. 70)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk menyusun kata-kata yang diacak menjadi kalimat yang benar sesuai contoh yang diberikan. Setelah siswa selesai mengerjakan latihan, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyusun kata sehingga membentuk kalimat yang tepat.
Jawaban:
1. We want to buy mangoes.
2. My mother goes to the market.
3. Yanti likes durian.
4. The grapes are very expensive.
5. My mother goes to the market to buy bananas.
6. Bananas are good for our health.
7. I have a new wallet
8. Papayas are cheap and they are delicious.
9. My father likes durian very much.
10. We need lots of money to buy those fruits.
Let’s read and answer (hlm. 71)
Pada bagian ini, siswa akan membaca secara mandiri sebuah teks yang berjudul “The Market”. Kemudian, siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di bawah teks. Sambil mendengarkan siswa membaca dan menjawab pertanyaan, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score). Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca dengan intonasi yang benar dan menjawab pertanyaan dengan tepat.
Jawaban:
1. Yes, they do.
2. Yes, they do.
3. No, it does not.
4. No, it is not.
5. Yes, they are.
6. No, they are not.
7. Yes, we can.
8. No, we cannot.
Let’s enjoy (hlm. 72)
Pada bagian akhir Lesson 9, siswa diminta untuk melingkari satu kata dalam satu baris yang tidak termasuk dalam kelompok kata seperti contoh.
Jawaban:
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 10 Where is the Post Office?
Let’s listen and repeat (hlm. 73)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mendengarkan percakapan mengenai lokasi tempat tertentu dari kaset/CD listening dan siswa diminta untuk meniru pengucapan dialog tersebut secara berpasangan.
Let’s learn about it (hlm. 74)
Pada latihan ini, guru meminta siswa untuk mempelajari kalimat yang biasa digunakan untuk menunjukkan posisi atau arah. Selanjutnya, siswa menuliskan nilai untuk mereka sendiri mengenai materi yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai di atas berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s write (hlm. 75)
Pada bagian ini siswa akan menuliskan jawaban dari pertanyaan yang terdapat di bawah setiap gambar seperti contoh. Setelah siswa selesai mengerjakan, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menuliskan jawaban sesuai gambar yang diberikan.
Jawaban:
1. It is next to the theater.
2. He is in front of the board.
3. He is in front of the blue car.
4. It is across from the bank.
5. It is across from the school.
6. It is on the table.
Let’s ask and answer (hlm. 76)
Siswa diminta untuk melakukan tanya-jawab secara berpasangan sesuai contoh. Tanya-jawab tersebut dibuat berdasarkan gambar besar. Selanjutnya, guru akan menilai kemampuan siswa melakukan tanya-jawab dan menuliskan nilai tersebut di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan melakukan tanya-jawab dengan benar sesuai gambar.
* Jawaban setiap siswa bisa berbeda. Jawaban dianggap benar bila menunjukkan lokasi atau arah yang tepat. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan jawaban.
1. First, go straight, then turn left. It is on your right side.
2. It is in Jalan Bromo.
3. Well, go straight and turn right. It is not far from the post office.
4. It is across from the post office.
5. It is across from the supermarket.
6. Just go straight, turn right and then turn left.
Let’s listen and follow the direction (hlm. 77)
Di bagian ini, guru meminta siswa untuk mendengarkan kaset/CD listening dan mengikuti arah yang mereka dengarkan. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah gambar. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan mencapai tempat yang dituju dengan tepat.
Jawaban: siswa berada di taman (park).
Let’s observe the map and answer the questions (hlm. 78)
Pada bagian ini, guru membimbing siswa untuk menjawab pertanyaan berdasarkan denah di halaman 77 sesuai dengan contoh yang diberikan. Sambil memperhatikan siswa mengerjakan soal, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa membaca kalimat dengan intonasi yang benar serta ketepatan menjawab soal sesuai denah.
* Jawaban masing-masing siswa bisa bervariasi. Jawaban dianggap benar bila menunjukkan lokasi atau arah yang tepat. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan jawaban.
1. It is in Jalan Diponegoro.
2. It is next to the kindergarten.
3. It is across from the baker’s.
4. It is next to the clinic.
5. It is across from the sport stadium.
6. It is across from the restaurant.
7. It is next to the school.
8. It is next to the studio.
9. It is across from the studio.
10. It is across from the Bina Hotel.
Let’s find the places (hlm. 79—80)
Pada bagian akhir unit ini, siswa akan mencari tempat di mana mereka dapat melakukan kegiatan yang tertulis di bawah masing-masing denah. Siswa A akan melihat denah yang ada di halaman 79 dan siswa B melihat denah di halaman 80. selanjutnya, siswa A akan bertanya pada siswa B tempat di mana ia dapat melakukan kegiatan yang tertulis di bawah denah halaman 79. Siswa B harus menjawab dengan menunjukkan tempat yang tepat. Begitu juga sebaliknya, setelah siswa A selesai bertanya, siswa B bertanya kepada siswa A mengenai tempat di mana ia bisa melakukan kegiatan seperti yang tertulis di bawah denah pada halaman 80.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 11 Can You Tell Me Where South is?
Let’s listen and repeat (hlm. 81)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mengulang pengucapan dialog dari kaset/CD listening yang berhubungan dengan arah. Guru dapat meminta siswa untuk memeragakan dialog tersebut secara berpasangan di depan kelas.
Let’s learn about it (hlm. 82)
Siswa akan diajak untuk mempelajari bentuk pertanyaan tentang arah yang umum digunakan. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai tersebut berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s read points of the compass (hlm. 83)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk membaca nama arah mata angin dengan suara nyaring. Sambil mengawasi kegiatan siswa, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca nama arah mata angin dengan tepat.
Let’s listen and write (hlm. 84)
Pada latihan ini, siswa akan mendengarkan kaset/CD listening dan menuliskan nama arah mata angin yang tepat pada kotak yang disediakan. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan menuliskan jawaban yang benar.
Jawaban: arah mata angin sesuai dengan gambar pada halaman 83.
Let’s write (hlm. 85)
Siswa diminta untuk memperhatikan peta dan menjawab soal berdasarkan peta tersebut
Jawaban:
1. North Sumatra (Northwest of Indonesia)
2. Central Jakarta (West of Java)
3. Central Java
4. Bali (East of Indonesia)
5. North Sulawesi (Northeast of Indonesia)
Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menuliskan jawaban dengan tepat.
Let’s ask and answer (hlm. 86)
Siswa akan melakukan tanya-jawab dengan beberapa siswa lain mengenai tempat tinggal masing-masing. Hasil tanya jawab ditulis di dalam tabel yang telah disediakan. Guru dapat meminta beberapa pasangan siswa untuk secara sukarela maju ke depan kelas dan melakukan tanya-jawab tersebut. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah tabel. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melakukan tanya-jawab dengan baik.
Let’s enjoy (hlm. 87)
Sebagai latihan lebih lanjut, siswa diminta untuk menuliskan jawaban berdasarkan posisi orang di dalam gambar.
Jawaban:
1. southeast
2. northeast
3. southwest
4. northwest
5. south
6. west
7. north
8. east
Let’s circle the right answer (hlm. 88)
Pada latihan terakhir ini, siswa diminta untuk melingkari jawaban yang tepat sesuai dengan pertanyaan.
Jawaban:
1. 2.
3. 4.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 12 Bring Me Some Spoon, Please
Let’s listen and repeat (hlm. 89)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mengulang percakapan dari kaset/CD listening mengenai permintaan akan sesuatu. Guru dapat meminta siswa untuk maju ke depan kelas dan memeragakan percakapan tersebut secara berpasangan.
Let’s learn about it (hlm. 90)
Siswa akan diajak untuk mempelajari ekspresi yang digunakan untuk meminta sesuatu. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai tersebut berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s listen and repeat (hlm. 91)
Pertama-tama, siswa akan mendengarkan 12 kalimat permintaan akan suatu barang dari kaset/CD listening. Selanjutnya, siswa diminta untuk mengulangi pengucapan kalimat-kalimat tersebut. Kemudian, guru menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengarkan (listening score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyimak dan mengulangi pengucapan kalimat dengan benar.
Let’s respond to the questions (hlm. 92—93)
Siswa diminta untuk berpasangan dengan seorang teman. Selanjutnya, siswa akan melakukan tanya-jawab dengan melengkapi kalimat sesuai gambar dan contoh yang diberikan. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bawah dialog. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melakukan dialog berdasarkan gambar.
Jawaban:
1. Yes, bring me some pitchers, please.
How many pitchers do you need?
Two.
2. Yes, bring me some saucers, please.
How many saucers do you need?
Three.
3. Yes, bring me some dessert plates, please.
How many dessert plates do you need?
Four.
4. Yes, bring me some bowls, please.
How many bowls do you need?
Five.
5. Yes, bring me some cups, please.
How many cups do you need?
Four.
6. Yes, bring me some tea pots, please.
How many tea pots do you need?
Four.
7. Yes, bring me some knives, please.
How many knives do you need?
Four.
8. Yes, bring me forks, please.
How many forks do you need?
Six.
Let’s fill in the blanks (hlm. 94)
Siswa diminta untuk melengkapi tiga buah kalimat berdasarkan gambar yang diberikan. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa melengkapi kalimat dengan kata-kata yang tepat.
Jawaban:
1. mugs
2. saucers, spoons, a knife, a fork and plates
3. a tea pot, bowls and a pitcher
Let’s read and draw (hlm. 95)
Pada latihan ini, siswa diminta untuk membaca paragraf deskriptif secara mandiri mengenai dapur ibu Tina. Setelah itu, siswa diminta untuk menggambarkan dapur ibu Tina sesuai dengan bacaan. Sambil mengawasi kegiatan siswa, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca paragraf dan menggambar sesuai dengan bacaan.
Let’s find the words (hlm. 96)
Ini merupakan latihan terakhir dalam buku Let’s Make Friends with English jilid 6 bab 12. Pada permainan ini, siswa diminta untuk mencari delapan kata di dalam crossword. Kata-kata tersebut dapat ditemukan secara vertikal maupun horizontal.
Jawaban:
C D D K T D C W F D
Y K A F J U Z Y O L
C E P I T C H E R K
A T B T N K O K X N
N T U F A I R C M I
T L L O P C C U B V
I E E R T K B P X E
R O T K I S O P I S
L U C E L O W E A R
S V L S H E L F M O
T Z S P O O N N S H
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 13 Whose Magazine is This?
Let’s listen and repeat (hlm. 97)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mengulang percakapan dari kaset/CD listening mengenai kepemilikan. Guru dapat meminta siswa untuk maju ke depan kelas dan memeragakan percakapan tersebut secara berpasangan.
Let’s learn about it (hlm. 98)
Siswa akan diajak untuk mempelajari ekspresi yang digunakan untuk menanyakan kepemilikan. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai tersebut berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s listen and write (hlm. 99)
Pada bagian ini, siswa akan mendengarkan rekaman kaset/CD listening yang menerangkan pemilik masing-masing benda dalam gambar. Siswa diminta mendengarkan dan menuliskan nama pemilik masing-masing benda di tempat yang tersedia. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengar (listening score) yang terdapat di bawah dialog. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa mendengar dan menuliskan jawaban dengan benar.
Jawaban:
1. Tina’s bag or Tina’s
2. Siska’s bicycle or Siska’s
3. Avni’s teddy bear or Avni’s
4. Novan’s watch or Novan’s
5. Nazwa’s violin or Nazwa’s
6. Cici’s book or Cici’s
7. Riri’s comb or Riri’s
8. Ardi’s TV or Ardi’s
9. Andro’s bedroom or Andro’s
Let’s write (hlm. 100)
Siswa diminta menuliskan kata ganti kepemilikan sesuai dengan penjelasan yang terdapat pada kalimat-kalimat yang diberikan. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menulis kata ganti kepemilikan dengan tepat.
Jawaban:
1. His
2. Hers
3. Theirs
4. Ours
5. Yours
6. Mine
7. His
8. Ours
9. Yours
10. Theirs
Let’s read and answer (hlm. 101)
Pada latihan ini siswa diminta untuk membaca sebuah paragraf tentang beberapa orang dan benda-benda yang mereka miliki. Kemudian, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan dalam paragraf tersebut. Sambil mengawasi kegiatan siswa, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca paragraf dan menjawab pertanyaan dengan benar.
Jawaban:
1. It’s Randy’s uniform.
2. It’s Abi’s harmonica.
3. It’s Lala’s lunch box.
4. It’s Heru’s basketball.
5. It’s Riska’s school bag.
Let’s find the words (hlm. 96)
Pada latihan ini siswa akan berlatih Tanya jawab mengenai barang-barang yang dimiliki setiap siswa di kelas. Siswa diminta mengumpulkan barang-barang mereka di meja. Mereka melakukan ini dalam kelompok-kelompok kecil. Setelah itu, satu per satu dari mereka akan menunjuk barang yang ada di meja dan bertanya barang milik siapa itu. Siswa yang lain harus menjawab. Sambil mengawasi kegiatan siswa, guru menilai kemampuan berbicara siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan bertanya dan menjawab dengan baik.
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Lesson 14 I’ve Got a Headache
Let’s listen and repeat (hlm. 103)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mengulang percakapan dari kaset/CD listening mengenai mengutarakan perasaan tidak enak badan atau sakit. Guru dapat meminta siswa untuk maju ke depan kelas dan memeragakan percakapan tersebut secara berpasangan.
Let’s learn about it (hlm. 104)
Siswa akan diajak untuk mempelajari ekspresi yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan tidak enak badan. Selanjutnya, siswa diminta untuk menuliskan nilai yang menurut mereka pantas mereka dapatkan dari apa yang telah mereka pelajari. Nilai harus berupa angka antara 5 sampai 10. Arti dari kisaran nilai adalah sebagai berikut:
Nilai Arti
10
9
8
7
6
5 Sangat mengerti
Mengerti
Cukup mengerti
Kurang mengerti
Tidak mengerti
Tidak tahu
Kisaran nilai tersebut berlaku untuk semua penilaian di dalam buku teks Let’s Make Friends with English jilid 1-6.
Let’s listen and repeat (hlm. 105-106)
Pertama-tama, siswa akan mendengarkan ekspresi-ekspresi dan kosakata yang berkaitan dengan perasaan tidak enak badan dan kesehatan. Selanjutnya, siswa diminta untuk mengulangi pengucapan kalimat-kalimat tersebut.
Let’s rearrange the jumbled words (hlm. 107)
Pada bagian ini, siswa diminta untuk menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang benar.
Jawaban:
1. Suzana has got a terrible headache.
2. My sister has got a mouth ulcer.
3. Mr John is a surgeon.
4. Thalia has got a runny nose.
5. You have got a sore throat.
Let’s rearrange the jumbled letters (hlm. 107)
Siswa diminta untuk menyusun huruf-huruf acak menjadi sebuah kata yang berhubungan dengan nama kesehatan. Setelah siswa selesai mengerjakan, cek jawaban siswa bersama seluruh kelas. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai menulis (writing score) yang terdapat di bagian bawah soal. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa menyusun kata-kata dan huruf-huruf yang acak dengan tepat.
Jawaban:
1. headache
2. dentist
3. hospital
4. nurse
5. injection
Let’s read and answer (hlm. 101)
Pada latihan ini siswa diminta untuk membaca sebuah cerita tentang mengunjungi seorang teman ke rumah sakit. Kemudian, siswa menjawab pertanyaan berdasarkan informasi yang diberikan dalam cerita tersebut. Sambil mengawasi kegiatan siswa, guru menilai kemampuan membaca siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai membaca (reading score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan membaca cerita dan menjawab pertanyaan dengan benar.
Jawaban:
1. the class
2. he’s got a dengue fever
3. the same
4. a bag of fruits and some cookies
5. occasionally
6. they are kind and attentive
Let’s listen and rearrange the pictures (hlm. 109)
Pada bagian ini siswa diajak untuk mendengarkan kaset/CD listening dan mengurutkan susnan gambar berdasarkan cerita yang diberikan kaset/CD. Selanjutnya, guru akan menilai hasil kerja siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai mendengar (listening score) yang terdapat di bawah dialog. Kriteria penilaian adalah berdasarkan kemampuan siswa mendengar dan mengurutkan gambar dengan benar.
Jawaban:
4, 1, 5, 2, 3, 6
Let’s make and act out a dialogue (hlm. 110)
Pada latihan ini siswa akan berlatih membuat sebuah dialog mengenai perasaan tidak enak badan atau sakit yang sedang diderita. Siswa dapat membuat dialog berpasangan dengan teman sebangku dengan mengikuti contoh dialog yang sudah ada. Setelah itu, secara acak, siswa diminta maju ke depan kelas untuk mempraktikkan dialog yang telah mereka buat. Selanjutnya, guru menilai kemampuan berbicara siswa dan menuliskannya di kolom penilaian untuk nilai berbicara (speaking score) yang terdapat di bagian bawah latihan. Kriteria penilaian adalah berdasarkan membuat dan mempraktikkan dialog dengan baik.
Let’s do the crossword (hlm. 111)
Pada latihan ini siswa akan mengulang kosakata yang berkaitan dengan topik kesehatan dengan mengisi teka-teki silang yang tersedia.
Jawaban:
Mendatar: doctor, stethoscope, hospital, plaster, wheelchair, headache
Menurun: thermometer, injection
Selanjutnya, guru mengisi kolom penilaian dan menghitung nilai rata-rata. Conceptual Comprehension merupakan nilai Penguasaan Konsep yang ditulis oleh setiap siswa untuk diri sendiri. Tuliskan kembali nilai-nilai dari tiap kemampuan yang sudah diberikan sebelumnya. Jumlahkan empat nilai penerapan dan hitunglah rata-rata nilai dengan rumus di bawah ini:
Hasil perhitungan tersebut merupakan nilai rata-rata (average score) dari siswa yang bersangkutan. Kolom catatan guru/orang tua dapat diisi dengan komentar mengenai hasil belajar siswa atau pujian dan komentar positif lain.
Short Stories
Pada bagian akhir buku ini terdapat short stories yang terdiri dari dua cerita anak-anak terkenal yang berjudul “The Little Match-Seller” dan “The Ugly Duckling”.
Short stories diberikan sebagai bahan bacaan lebih lanjut bagi siswa. Cerita ini dapat dibaca oleh siswa di kelas dengan bimbingan guru atau di rumah dengan dibantu oleh orang tua.
Setelah siswa selesai membaca, guru atau orang tua dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan sederhana mengenai tokoh, jalan cerita, atau hal lain yang berhubungan dengan cerita yang baru saja dibaca siswa.
Dengan membaca cerita-cerita tersebut, siswa diharapkan dapat menumbuhkan ketertarikan dalam membaca cerita berbahasa Inggris. Selain itu, siswa diperkenalkan dengan banyak kosakata baru dalam bahasa Inggris.
Sabtu, 28 Agustus 2010
Wawasan IPS
Bukan Omong Kosong
rENUNGAN
Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF
1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.
2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati
3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.
4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.
5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.
6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.
7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.
8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita
9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.
10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.
Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.
10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/
Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF
1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.
2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati
3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.
4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.
5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.
6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.
7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.
8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita
9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.
10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.
Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.
10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/