Sabtu, 28 Agustus 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu :18 x 35 menit
Pert. 7 – 12 (6 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga
III. Indikator : - menunjukan tentang kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-neara tetangga
- membandingkan kenampakan alam keadaan sosial negara-
negara tetangga.

IV. Materi Pokok
Kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga.

V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 7-12)
Pertemuan 7-9
- Menjelaskan tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
- Tanya jawab dan observasi tentang kenampakan alam dan sosial negara-negara tetangga
Pertemuan 10-12
- Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga
- Mendiskusikan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga

VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta, atlas
- Globedan Buku yang relevan

VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 6 (6 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia
III. Indikator : - Menjelaskan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia
- Menunjukan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia dalam Peta / globe
- Membandingkan perkembangan system administrasi wilayah
Indonesia dengan Negara-negara tetangga.
IV. Materi Pokok
Perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia

V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-6)
Pertemuan 1-2
- Menjelaskan tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
- Tanya jawab tentang perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia
Pertemuan 1-2
- Menunjukkan perkembangan sistem administrasi wilayah Indonesia dalam peta / atlas, globe
- Mengamati peta / atlas, globe setelah itu menunjukkan dalam peta/atlas, globe tersebut
- Tanya jawab.
Pertemuan 1-2
- Membandingkan perkembangan sistem administrasiwilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
- Mengamati dan mendiskusikan tentang perkembangan sistem admisitrasi wilayah Indonesia dengan negara-negara tetangga.
- Tugas

VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta
- Globe
- Buku yang relevan

VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 13 – 18 (6 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan
alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara
serta benua-benua.
II. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi benua-benua
III. Indikator : - Menunjukkan benua-benua
- Membedakan benua-benua
IV. Materi Pokok
Benua-benua
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 13-18)
Pertemuan 13-15
- Menunjukan benua-benua
- Dengan mengadakan pengamatan peta, atlas/globe yang dilanjutkan tanya jawab dan diskusi.
Pertemuan 16-18
- Membedakan benua-benua
- Mengamati peta, atlas/globe dilanjutkan tanya jawab, diskusi, tugas
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Peta,
- Globe
- Buku yang relevan
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 1 – 5 (5 minggu)

I. Standar Kompetensi : Memahami gejala (peristiwa) di Indonesia dan sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
III. Indikator : - Menemutunjukkan pada peta letak dan nama negara
tetangga Indonesia.
- Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan
negara-negara lain.

IV. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
- Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
- Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 18 x 35 menit
Pert. 6 – 9 (4 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
sekitarnya.
II. Kompetensi Dasar : Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam.
III. Indikator : - Menjelaskan cara-cara menghadapi bencana alam.
- Menunjukkan jenis-jenis bencana alam.

IV. Materi Pokok
Cara menghadapi bencana alam
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 6-9)
Pertemuan 6
- Menjelaskan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
- Tanya jawab tentang cara-cara menghadapi bencana alam
- Mendiskusikan tentang cara-cara menghadapi bencana alam
Pertemuan 7
- Mengamati gambar bencana alam
- Menentukan cara-cara menghadapi bencana alam
- Mendiskusikan bantuan yang sesuai dengan bencana alam yang terjadi
Pertemuan 8
- Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu
- Menjelaskan tentang jenis-jenis bencana alam
- Mendiskusikan penyebab tiap jenis bencana alam
Pertemuan 9
- Kesimpulan guru da siswa
- Evaluasi

VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : jawab singkat, uraian
- Pengamatan / perbuatan


Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas



………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 10 – 14 (4 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi
II. Kompetensi Dasar : Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan
dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan Bangsa
Indonesia
III. Indikator : - Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi.
- Menunjukkan contoh perubahan perilaku masyarakat
sebagai dampak globalisasi (Misalnya : gaya hidup,
makanan, pakaian, komunikasi, perjalanan nilai-nilai dan
tradisi).
IV. Materi Pokok
Peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif serta negatifnya terhadap keidupan bangsa Indonesia.
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 10-14)
Pertemuan 10
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi
- Mendiskusikan peranan Indonesia pada era globalisasi.
Pertemuan 11
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan contoh-contoh perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak globalisasi.
- Mendiskusikan contoh-contoh perubahan pada era globalisasi.
Pertemuan 12
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan dampak positif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
- Mendiskusiakan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 13
- Tanya jawab tentang materi Yang telah diajarkan
- Menjelaskan dampak negatif terhadap kehidupan bangsa Indonesia akibat globalisasi
- Mendiskusikan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan bangsa Indonesia.
Pertemuan 14
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar pabrik tekstil
- Gambar kilang minyak
VII. Penilaian
- Tes tertulis : jawab singkat, Pilihan ganda, Uraian
- Pengamatan / perbuatan

Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas


………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 15 x 35 menit
Pert. 15 – 18 (4 minggu)


I. Standar Kompetensi : Memahami peranan Indonesia di era globalisasi mengenai
manfaat ekspor dan impor di Indonesia.
II. Kompetensi Dasar : Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai
kegiatan ekonomi antar bangsa.
III. Indikator : - Menemutunjukkan barang yang di Ekspor dan di Impor oleh
Indonesia.
- Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan pertukaran barang-
barang antara Indonesia dan luar negeri.
- Menunjukkan manfaat adanya pertukaran barang antara
Indonesia dan luar negeri.
IV. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1-5)
Pertemuan 1
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Tanya jawab tentang Peta Asia Tenggara
- Menemutunjukkan negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 2
- Pengamatan Peta Asia Tenggara
- Mendisusikan negara-negara Asia Tenggara
- Menggambar peta negara-negara Asia Tenggara
Pertemuan 3
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Mendiskusikan tentang ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Menemutunjukkan ciri-ciri gejala ala Indonesia denga Negara-negara di Asia Tenggara.
Pertemuan 4
- Pengamatan peta Asia Tenggara
- Menyebutkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tenggara
- Tanya jawab ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara-negara di Asia Tanggara.
Pertemuan 5
- Kesimpuan guru dan siswa
- Evaluasi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
- Gambar peta Indonesia
- Gambar Peta Asia Tenggara
VII. Penilaian
- Tes tertulis : Pilihan ganda, jawab singkat
- Pengamatan / perbuatan
Mengetahui, Demak, ………………………20…….
Kepala Sekolah Guru Kelas


………………………. ……………………….
NIP. ………………… NIP. …………………

Bukan Omong Kosong

rENUNGAN

Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF


1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.

2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati

3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.

5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.

6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.

7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.

8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita

9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.

10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.

Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.



10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/