Minggu, 17 Oktober 2010

Scenario Pembelajaran

Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Perubahan Pada Benda
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

A. Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan

B. Indikator
o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman dan waktu.
o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.

C. Materi Essensial
Faktor penyebab perubahan benda.

D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o Paku baru, gelas plastik, air

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Menagih tugas 6.1
o Membahas tugas 6.1
o Menyebutkan cara mencegah perkaratan dengan diskusi
(50 menit)

3. Penutup
o Memberi kesimpulan bahwa perkaratasn terjadi pada logam dengan air dan udara
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Tugas 6.2. Hlm.95

Jakarta,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



( ) ( )

Scenario Pembelajaran

Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Perubahan Pada Benda
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

A. Kompetensi Dasar
6.1 Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan

B. Indikator
o Mengidentifikasi penyebab perubahan benda dengan berbagai kondisi (misalnya, pelapukan kayu, perkaratan logam, dan membusuknya makanan) dan menunjukkan cara menghambatnya
o Mendeskripsikan perubahan berbagai benda dengan kondisi yang berbeda misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman dan waktu.
o Menjelaskan berdasarkan hasil pengamatan bahwa bahwa tingkat perubahan benda dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya: suhu, kelembaban, ada tidaknya kuman, dan waktu.
o Menggolongkan perubahan pada berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, misalnya: pelapukan kayu akibat proses pembusukan, perkaratan akibat kelembaban, pembusukan akibat proses penguraian.

C. Materi Essensial
Faktor penyebab perubahan benda.

D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep tentang perubahan benda
o Memahami faktor yang menyebabkan perubahan benda
- Pelapukan
- Perkaratan
- Pembusukan
o Memahami proses pelapukan
- Pelapukan biologi : pelapukan yang disebabkan oleh pohon, lumut dan rayap
- Pelapukan fisika : penyebabnya angin dan air
o Menyebutkan cara mencegah proses pelapukan
o Memahami proses perkaratan
(50 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan bahwa :
- Pelapukan biologi disebabkan oleh pohon, lumut dan rayap
- Pelapukan fisika disebabkan oleh faktor alam yaitu angin dan air
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Tugas 6.1. Hlm 95

Jakarta,
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran



( ) ( )

Bukan Omong Kosong

rENUNGAN

Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF


1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.

2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati

3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.

5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.

6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.

7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.

8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita

9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.

10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.

Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.



10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/