Minggu, 29 Agustus 2010

Skenario Pembelajaran Sains

Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Perubahan pada benda
Pertemuan / waktu : Keempat / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari

B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

C. Materi Essensial
Faktor penentu dalam memilih benda atau bahan
o Kegunaan benda atau bahan (Hlm.100)

D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o Ember, cangkul, pintu rumah

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Memahami peta konsep perubahan pada benda
o Melakukan kegiatan 6.1 (Hlm.101)
o Menyebutkan kegunaan masing-masing benda sesuai dengan sifat-sifatnya
(50 menit)

3. Penutup
o Memberikan kesimpulan :
- Pemiliohan bahan untuk membuat suatu benda harus sesuai dengan sifat bahan itu dan tujuan penggunaan benda

(5 menit)

4. Pekerjaan Rumaho –


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )











Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Perubahan pada benda
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari

B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

C. Materi Essensial
Uji kompetensi

D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengulang materi sebelumnya
o Mengerjakan uji kompetensi
(50 menit)

3. Penutup
o Memberi motivasi untuk giat belajar
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Latihan soal


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )















Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Perubahan pada benda
Pertemuan / waktu : Keenam / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari

B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

C. Materi Essensial
Latihan soal

D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengulang materi sebelumnya
o Membahas latihan soal. Hlm.109
(50 menit)

3. Penutup
o Memberi motivasi untuk giat belajar
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Latihan ulangan umum semester


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )















Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Perubahan pada benda
Pertemuan / waktu : Ketujuh / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah dan diskusi

A. Kompetensi Dasar
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari

B. Indikator
o Mengidentifikasi sifat-sifat benda/ bahan untuk keperluan tertentu, misalnya: karet bersifat lentur, logam bersifat menghantar panas, kayu bersifat penghambat panas, plastik bersifat kedap air.
o Menentukan kegunaan bahan-bahan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

C. Materi Essensial
Latihan ulangan semester.

D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1. Pendahuluan
o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o Mengulang materi sebelumnya
(5 menit)

2. Kegiatan Inti
o Mengulang materi sebelumnya
o Membahas latihan ulangan umum semestetr 1Hlm.109.
(50 menit)

3. Penutup
o Memberi motivasi untuk giat belajar
(5 menit)

4. Pekerjaan Rumah
o Latihan ulangan


Mengetahui
Kepala Sekolah



( ) Jakarta,
Guru Mata Pelajaran



( )

Bukan Omong Kosong

rENUNGAN

Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF


1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.

2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati

3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.

5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.

6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.

7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.

8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita

9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.

10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.

Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.



10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/