Selasa, 02 November 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Satuan Pendidikan : SDN Kapasari I
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / semester : VI / 1
Waktu : 2 x pertemuan (@ pertemuan 2 x 35 menit)
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar : 1.3. Mengidentifikasi benua-benua
I. INDIKATOR
1. Menyebutkan nama-nama benua di dunia
2. Menemutunjukkan letak benua pada peta/atlas/globe.
3. Mengidentifikasi ciri-ciri utama kenampakan alam di wilayah benua.
4. Mengidentifikasi negara-negara di wilayah benua.
5. Menemutunjukkan letak negara-negara besar di setiap benua pada peta.
6. Membuat gambar peta benua dan perkembangan negaranya.
II. TUJUAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
I.
1. Menyebutkan nama-nama benua di dunia
2. Mengidentifikasi letak wilayah panca benua di dunia.
3. Mengidentifikasi letak benua dari posisi geografis dan astronomis.
4. Menyebutkan letak batas-batas wilayah benua.
5. Mengidentifikasi negara-negara kelompok dunia.
6. Mempraktekkan menggunakan peta/atlas/globe untuk menunjukkan letak benua dan kelompok negaranya.
7. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam Benua Asia.
8. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam Benua Afrika.
9. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam Benua Eropa.
10. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam Benua Amerika.
11. Mengidentifikasi ciri-ciri kenampakan alam Benua Australia.
12. Mempraktekkan membuat gambar peta salah satu benua.


I. RINGKASAN MATERI
• Mengenal Benua (Terlampir)
I. METODE / PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ini adalah :
 Metode ceramah bervariasi
 Metode diskusi
 Metode Inkuiri
 Metode tanya jawab
 Metode pengamatan/ observasi
2. Model Pembelajaran
Model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan ini adalah :
o Model Pembelajaran Kooperatif
o Model Pembelajaran Langsung
I. KEGIATAN / LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
• Pertemuan Pertama (Pertemuan ke-1
1. Kegiatan Awal (15 menit)
1. Guru mengabsen kehadiran siswa.
2. Apersepsi :
1. Bertanya jawab untuk menggali informasi tentang benua, pertanyaannya meliputi :
 Siapa yang pernah melihat peta dunia ?
 Apa yang dapat kalian lihat dalam peta dunia tersebut ? (letak dan nama benua, negara-negara, samudera, dll).
 Anak-anak, siapa yang tahu ada berapa benua yang ada di dunia ? (ada 5 benua)
 Benua-benua apa saja itu ? (Benua Asia, Afrika, Eropa, Australia, Amerika).
2. Guru memberi tantangan pada siswa (Terlampir).
3. Siswa menyimak informasi tentang tujuan pembelajaran yang dijelaskan oleh guru.


2. Kegiatan Inti (40 menit)
1. Guru membimbing siswa untuk membagi kelas menjadi 5 kelompok diskusi.
2. Guru memberi LKS pada tiap-tiap kelompok untuk didiskusikan (Terlampir).
3. Tugas masing-masing kelompok mencari informasi di buku tentang kenampakan alam yang ada dalam benua :
 Kelompok I : Benua Asia
 Kelompok II : Benua Afrika
 Kelompok III : Benua Eropa
 Kelompok IV : Benua Amerika
 Kelompok V : Benua Australia
4. Masing-masing kelompok mendiskusikan LKS dengan dibimbing guru.
5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengamatan di depan kelas.
6. Guru memberi applause pada siswa yang mempresentasikan hasil pengamatannya.
7. Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
3. Kegiatan Akhir (15 menit)
1. Guru memberikan evaluasi.
2. Refleksi dan pesan moral tentang materi.
• Pertemuan Kedua (Pertemuan ke-2)
1. Kegiatan Awal (10 menit)
1. Guru mengabsen kehadiran siswa.
2. Apersepsi :
1. Guru menunjukkan gambar peta benua (Terlampir).
2. Bertanya jawab untuk menggali informasi tentang negara-negara di wilayah benua, pertanyaannya meliputi :
 Anak-anak siapa yang tahu negara Indonesia terletak di benua apa? (Benua Asia)
 Negara penghasil minyak terbesar di dunia dan negara tempat umat islam pergi haji / umroh terletak di benua apa? (Benua Asia).
 Siswa menyimak informasi tentang tujuan pembelajaran yang dijelaskan oleh guru.
2. Kegiatan Inti (40 menit)


1. Guru memberi penjelasan singkat tentang materi negara di berbagai benua.
2. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok diskusi
3. Siswa diberi tugas untuk mengamati gambar peta dunia dengan teman diskusinya.
4. Guru memberi LKS pada masing-masing kelompok (Terlampir).
5. Masing-masing kelompok mendiskusikan LKS yang diberikan.
6. Guru menyuruh perwakilan dari beberapa kelompok untuk membacakan hasil diskusi.
7. Pemberian applause pada siswa yang memepresentasikan hasil pengamatannya.
8. Siswa lain bersama guru menanggapi hasil presentasi.
1. Kegiatan Akhir (20 menit)
1. Guru memberikan evaluasi (Terlampir).
2. Refleksi dan pesan moral tentang materi.
3. Guru memberikan PR.
I. SUMBER BAHAN DAN ALAT
A. Sumber
Indrastuti dan Rahmawaty, Penny. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial 6 Untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Widodo, Sri Wasono dan HP, Mulyadi. 2008. Ayo Belajar Sambil Bermain ILMU PENGETAHUAN SOSIAL Untuk SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
B. Alat
• Peta Konsep
• Gambar benua-benua
• Gambar-gambar kenampakan alam
• Peta / atlas / globe
I. PENILAIAN
Jenis tes : a. Tes tulis :Soal uraian singkat
b. Tes lisan (tanya jawab)
c. Mandiri dan/ atau kelompok
Bentuk tes : a. Objektif
b. Subjektif
Prosedur evaluasi : Tes dalam proses (unjuk kerja) dan hasil
Instrumen tes : a. Tugas dalam bentuk LKS (Lembar Kerja Siswa)
1. Lampiran Lembar tantangan



• Evaluasi pada pertemuan 1
• Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!


1. Sebutkan letak dan batas-batas Benua Eropa baik secara astronomis maupun geografis ?
2. Sebutkan letak dan batas-batas Benua Amerika baik secara astronomis maupun geografis ?
3. Sebutkan letak dan batas-batas Benua Australia baik secara astronomis maupun geografis ?
4. Sebutkan letak dan batas-batas Benua Asia baik secara astronomis maupun geografis ?
5. Sebutkan letak dan batas-batas Benua Afrika baik secara astronomis maupun geografis ?
 Kunci Jawaban :
1. a. Secara Astronomis : Benua ini terletak pada garis lintang antara 71o LU hingga 36o LU serta berada pada garis bujur antara 66o BT hingga 9o BB.

1. Secara Geografis : Batas-batas Benua Eropa adalah sebagai berikut :
1.
o Utara : Laut Arktik
o Selatan : Laut Tengah
o Barat : Samudra Atlantik
o Timur : Pegunungan Ural
2. a. Secara Astronomis : Benua ini terletak pada garis lintang antara 72o LU hingga 56o LS serta berada pada garis bujur antara 172o 27′ BT hingga 34o 45′ BB.
1. Secara Geografis : Batas-batas Benua Amerika adalah sebagai berikut :

o Utara : Laut Arktik
o Selatan : Samudra Pasifik
o Barat : Samudra Pasifik
o Timur : Samudra Atlantik
1. a. Secara Astronomis : Benua ini terbentang antara 11o LS hingga 44o LS dan 113o BT hingga 153o BT.
1. Secara Geografis : Batas-batas Benua Australia adalah sebagai berikut :

o Utara : Samudera Pasifik
o Selatan : Samudra Hindia
o Barat : Samudra Hindia
o Timur : Samudra Pasifik
1. a. Secara Astronomis : Benua ini terletak di antara 1o 16′ hingga 77o 41′ LU serta di antara 26o 04′ hingga 169o 40′ BT.
1. Secara Geografis : Batas-batas Benua Asia adalah sebagai berikut :

o Utara : Samudera Arktik
o Selatan : Samudra Hindia dan Benua Afrika
o Barat : Benua Eropa dan Afrika
o Timur : Samudra Pasifik
1. a. Secara Astronomis : Benua ini terletak pada garis lintang antara 37o LU hingga 34o LS serta berada pada garis bujur antara 51o BT hingga 17o BB.
1. Secara Geografis : Batas-batas Benua Afrika adalah sebagai berikut :
1.
o Batas timur adalah Laut Merah, Benua Asia, Samudra Hindia.
o Batas selatan adalah Samudra Hindia.
o Batas barat adalah Samudra Atlantik.
o Batas utara adalah Laut Tengah.


 Kriteria Penilaian :
1. Jumlah Soal : 5 Soal
2. Jawaban benar dan lengkap skor : 5
Jawaban benar tetapi tidak lengkap skor : 4
Jawaban setengah benar skor : 3
Jawaban mendekati benar skor : 2
Jawaban ada tetapi salah skor : 1
1. Skor maksimal : 25
• Evaluasi pada pertemuan 2
• Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Sebutkan lima negara yang ada di kawasan Asia Tenggara !
2. Sebutkan batas-batas Benua Afrika !
3. Sebutkan lima kawasan yang ada di Benua Eropa !
4. Sebutkan batas-batas Benua Amerika !
5. Sebutkan letak Benua Australia secara astronomis !
• Kunci Jawaban :

1. a. Indonesia
1. Laos
2. Vietnam
3. Malaysia •
1.
1. Thailand
2. Kamboja
3. Brunei Darussalam
4. Filiphina
5. Myanmar
1. a. Batas timur adalah Laut Merah, Benua Asia, Samudra Hindia.
1. Batas selatan adalah Samudra Hindia.
2. Batas barat adalah Samudra Atlantik.
3. Batas utara adalah Laut Tengah.
1. a. Kawasan Eropa Barat
1. Kawasan Eropa Timur
2. Kawasan Eropa Selatan
3. Kawasan Eropa Utara
4. Kawasan Balakan

1. a. Batas Timur adalah Samudra Atlantik.
1. Batas selatan adalah Samudra Pasifik.
2. Batas barat adalah Samudra Pasifik.
3. Batas utara adalah Laut Arktik.
1. Australia terbentang antara 11o LS hingga 44o LS, dan 113o BT hingga 153o BT.
o Kriteria Penilaian
1. Jumlah Soal : 5 Soal
2. Jawaban benar dan lengkap skor : 5
Jawaban benar tetapi tidak lengkap skor : 4
Jawaban setengah benar skor : 3
Jawaban mendekati benar skor : 2
Jawaban ada tetapi salah skor : 1
Skor maksimal : 25
1. Lampiran Lembar PR
Di berbagai benua terdapat beberapa kenampakan alam yang menonjol seperti gurun, gunung, sungai, dan lain-lain. Coba sebutkan kenampakan alam tersebut lalu tuliskan dalam kolom di bawah ini !
No. Benua Sungai terpanjang Danau terluas Gunung tertinggi Gurun terluas Hal lain yang
menonjol





Amatilah peta tentang benua-benua. Carilah simbol-simbol atau tanda dan warna untuk kenampakan alam di bawah ini !
No. Kenampakan alam Simbol/tanda Warna
1. Pegunungan …………….. ……………..
2. Dataran tinggi …………….. ……………..
3. Dataran rendah …………….. ……………..
4. Pantai …………….. ……………..
5. Gunung …………….. ……………..
6. Danau …………….. ……………..
7. Gurun …………….. ……………..
8. Sungai …………….. ……………..

Bukan Omong Kosong

rENUNGAN

Summary:ersys
SEPULUH CIRI ORANG BERPKIR POSITIF


1. MELIHAT MASALAH SEBAGAI TANTANGAN
Bandingkan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat maka dia akan berpikir hidupnya adalah menjadi orang yang paling sengsara di dunia.

2. MENIKMATI HIDUP
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati

3. PIKIRAN TERBUKA UNTUK MENERIMA SARAN DAN IDE
Pikiran terbuka membutuhkan kebesaran hati dan tentu kesabaran. karena dengan begitu, akan ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu menjadi lebih baik.

4. MENGHILANGKAN PIKIRAN NEGATIF SEGERA SETELAH PIKIRAN ITU TERLINTAS DI BENAK
Suatu kendala yang sebetulnya bisa diatasi dengan kepala dingin jika sudah dilandasi dengan pikiran negatif ternyata hanya akan menimbulkan masalah baru.

5. MENSYUKURI APA YANG DIMILIKI
Hindari berkeluh kesah tentang apapun yang tidak dimiliki karena justru akan menjadi beban. sebaliknya jadikan hal itu sebagai motivasi untuk meraih hidup yang diharapkan.

6. TIDAK MENDENGAR GOSIP YANG TAK MENENTU
Sudah pasti gosip erat sekali dengan berpikir negatif. karena itu sebisa mungkin jauhi gosip-gosip yang tak jelas asalnya.

7. TIDAK MEMBUAT ALASAN TETAPI AMBIL TINDAKAN
NATO ( No Action, Talk Only ) itu adalah ciri khas orang berpikir negatif. maka ambilah tindakan dan buktikan bahwa anda bisa mengatasi masalah sebagai orang yang berpikir positif.

8. MENGGUNAKAN BAHASA YANG POSITIF
Saat kita berkomunikasi dengan orang lain gunakan kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme sehingga dapat memberikan semangat terhadap lawan bicara kita

9. MENGGUNAKAN BAHASA TUBUH YANG POSITIF
Diantara bahasa tubuh yang lain senyum merupakan wujud dari berpikir positif karena akan menimbulkan kesan bersahabat dan akan menjadi lebih akrab dengan suasana.

10. PEDULI PADA CITRA DIRI
Itu sebabnya, mereka berusah tampil baik bukan hanya di luar tetapi juga di dalam.

Itulah sepuluh tanda orang berpikir positif semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda. jadilah orang yang berpikir positif dalam menyelesaikan masalah sehingga kita tidak akan terbebani dengan hidup ini.



10 ciri orang berpikir positif Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/social-sciences/1901760-10-ciri-orang-berpikir-positif/